Review: Dr. Erna

by - Senin, Agustus 31, 2015

Berbahagialah kalau akhirnya muka kamu nemu tempat perawatan muka yang cocok dengan harga sangat terjangkau.
walapun tempatnya cukup jauh dari rumah, tapi ngga apalah yang penting muka ku bersih seperti sedia kala~

Yaps, seperti di blog sebelum ini. kali ini aku akan membuat review tentang Dr. Erna Purnamasari.


29 MARET 2015
Sebelum kesini aku nanya sama temen, katanya kalo weekend tuh ngantrinya parah. kalau bisa dateng pagi!
oke, noted!

[Sekilas Info Daftar di Dr. Erna]
Dateng" langsung berdiri di depan pendaftaran, ngisi data untuk jadi anggota. Jika ingin membuat member card (5K) hanya bisa di hari senin - jumat. tapi member card tidak wajib punya kok. aku sampe sekarang belum bikin karena bisa ke sini hanya weekend. jadi setiap mau daftar facial atau beli cream cukup menyebutkan nama, alamat atau tanggal lahir.

dikarenakan aku pasien baru jadi sudah pasti harus ketemu dokternya dan hari itu saya kurang beruntung dokternya baru aja pergi, dateng lagi sekitar sejam-an. Dokter di sabtu & minggu memang dateng sejam sekali.

Riyan ngajakin beli sarapan dulu. lokasinya dekat pasar jadi banyak kang makanan.

Balik-balik dokternya belum juga dateng, duduk sebentar, begitu di parkiran sudah keliatan mobil dokternya, pasien pun langsung ngantri di depan ruang dokter.
oiya, ini berebutan lho! mau baru dateng atau dari tadi ya intinya cepet"an baris aja! untungnya aku duduk depan ruangan dokter jadi dapet barisan ke 10 *lumayan*

Begitu ketemu dokternya kita mesti bilang kalo "pasien baru".

oiya muka kita di tusuk jarum (ini jarum akupuntur) sambil dokternya menyebutkan berbagai resep cream ini itu dan di catat oleh staffnya, kemudian staffnya akan bertanya nama kita.
jangan lupa nanya juga sama dokter, muka kita mesti di facial apa. kalau aku disarankan ambil facial jerawat bonus jesner.
keluar dari ruang dokter langsung ke meja pendaftaran untuk minta struk facial sementara dan milih ruangan nanti akan di kasih No. Antrian Facial.
kemudian ngantri di kasir, kalau pasien baru cukup menyebutkan nama sudah langsung muncul deh cream yg dokternya sebutin di dalam tadi, sekalian ngasih struk facial sementara buat bayar facial dan pasien baru yg mau di facial harus beli spons & extractor.

Untuk ngantri facial lumayan lama, jadi aku nyamperin riyan dulu. ekspresi mukanya kayak ketakuan gitu. terus dia ngomong itu kok muka nya pada di tusuk jarum gitu sih? sambil celingak-celinguk."muka aku juga sama kok di tusuk jarum" 

Riyan nengok ke aku, tapi langsung merem dan menjauh. dia ga pernah mau ngliat muka gue kalo lagi di tusuk jarum. huh.. 

//UPDATE//

Sekarang system di Dr. Erna, begitu di meja pendaftaran akan di tanya mau konsultasi atau engga karena sekarang pakai Nomer antrian, begitu dokternya dateng mesti baris sesuai nomer antrian dan sesuai dengan nama yg di panggil

Kalau system kemarin ngambil struk sementara sudah langsung dapat ruangan dan No. antrian. 

Nah sekarang ngambil struk sementara di meja pendaftaran, kemudian bayar ke kasir, baru deh bisa ngambil No. Antrian Facial.

System beli cream juga berubah, setelah bayar di kasir, nunggu beberapa menit nanti nama kita akan di panggil untuk ngambil creamnya.


[Review Ruang Facial]
Ruang 3 : Suster Saini
Pertama kali kesini aku dapet di Ruang 3 di tanganin oleh suster saini, suster ini enak kok karena dia bilang aku ga boleh makan telor, coklat, gorengan ma ice cream. nahlo enak dari mana yaa? hahaha..
dia juga menyarankan agar aku makan brokoli dan putih telur aja. hmm, brokoli? ga pernah makan sih gue.

Akhirnya nyobain juga dan ketagihaan ma brokoli, baru kemarin facial sama suster saini lagi dan aku cerita kalo makan brokoli. hihi.

pasien yg lain nanya, tentang brokoli dan suster saini jawab "mbak ini juga tadinya jerawatan. sekarang liat aja mulus kan muka nya"

Ruang 8 : Suster Imelda

Ternyata temen kuliah aku juga perawatan disini, aku nanya katanya ruang 8 recommended. kebetulan ruangan 3 lagi off, jadi nyoba deh dan benar saja suster imelda cocok buat kalian yg jerawatan, dokter hanya menyarankan bonus-bonus jesner. tapi suster imelda bilang kalau bonus-bonus aja gak berasa jadi sekalian aja facial JJ ya nanti struknya bisa di retur. tak apalah walapun harus ngantri lagi di kasir dan membayar lebih mahal. 
suster imelda akan merasa senang kalau pasiennya yg dari jerawatan bgt terus jadi mulus sama dia. sekalipun aku ga jerawatan parah tapi kalo minta di JJ pasti di kasih aja sm dia. tks sus..

Ruang 2  : Suster Dani

Aku tipikal orang yg mau nyoba-nyoba, ga hanya di satu ruangan aja. Suster dani juga enak kok, dia kalo mencetin komedo atau jerawatnya memakai perasaan jadi aku jg ga terlalu  ngerasa kesakitan.
ruangan 2 & 3 hanya dibatas sekat jadi saat aku di facial kadang suster saini juga muncul. terus kedua suster ini menyarankan "selesai solat magrib pakai saja cream malamnya , ntar selesai solat isya juga di pakai lagi. biar bekas jerawatnya cepat hilang" 
...dan aku nurutin kata mereka. hasilnya memuaskan.

Ruang 7 : No Recommended
Pertamanya sih enak dapet No. 1 ruangan lain sudah sampai No 15 ke atas. jadi aku pilih disini, tapi akunya kapok! facial jerawat bonus jesner yang bikin muka aku ngelupas tidak normal seperti koreng yg habis jatuh. *trauma*
biasanya sesudah di jesner maupun di JJ kulit memang ngelupas tapi ngelupas sewajarnya aja dan hanya di daerah yg meradang. kalau ini sih. bikin mau nangis! hiks 

Dari 10 Ruangan aku cuman baru nyobain 4 ruangan itu aja sih.

[Facial]

Alat yang wajib di bawa tiap kali mau facial. bisa di pake beberapa kali kok. sayang kan kalo tiap facial mesti beli muluk.
untuk hasil yang maksimal, aku saranin rutinin aja facial 2 minggu sekali. aku kayak gitu kok sampai memasuki bulan ketiga dan sekiranya udah mendingan sekarang facialnya malah sebulan sekali. hehe 
Extractor 10K & Spons Bsr 15K (tetep minta wrn ungu)
Di facial sakitnya bukan main! nangis? jelaaas. tapi aku mah diem aja dan tiba-tiba ngeluarin air mata aja. hehehe
tapi ga berisik walapun kesakitan juga. soalnya tetangga sebelah teriak-teriakan, duh ampun deh. eh, pacarnya juga ikutan di facial toh. pantesan. caper caper gitu. he~ lah, gue mau caper ma siapa cobak?

Facial Jerawat 85K :
Pertama dateng facial jerawat kadang bonus jesner kalo jerawatnya lagi rada banyak misal di jidat ya cukup di jidat aja yg dapet bonus jesner. facial jerawat itu serumnya lebih berasa mint mungkin supaya sih jerawat cepat kering. Setelah di Facial jerawat 6 jam belum boleh kena air dulu. selebihnya ga ada larangan apapun kok.

Facial JJ 110K :

Ini bikin muka ku jadi panas dan perih banget entah apa yg di kasih sampai" harus megangin kipas angin yg kecil dan naro depan muka, supaya ga terlalu kepanasan. huuuuaa..
dan terkahir gak di kasih masker juga. facial JJ lebih cepat selesai dari facial jerawat dan Facial Vit C asal di muka udah ga terlalu panas kita bisa selesai.
Hasil dari facial JJ ;
- Tidak boleh cuci muka dengan sabun  selama 3-4 hari
- Muka akan mengelupas di hari ke 2-5
- Muka tidak boleh di gosok-gosok 
- Jerawat akan langsung mengering
- Seminggu kemudian, muka mulus nan halus

Facial JJ pun tidak sembarangan harus di sarankan oleh dokter karena memang hasilnya cukup bikin memalukan selama dua hari dan ga semua orang akan mengerti. 
kalau aku sih walapun paling menyakitkan dan awalnya memalukan tapi sejujurnya aku paling suka di facial JJ hasilnya sangat memuaskan serta 2 minggu selanjutnya aku dateng dan konsultasi, di suruh facial Vit C..
aaakk ~ bahagiaaaa banget rasanya bisa naik level.

Facial Vit C 55K :

Kalau di facial Vit C bikin muka jadi lebih seger. Vit C membantu memudarkan bekas jerawat. sekarang aku sudah sampai di tahap ini dongs. *pamer* tidak ada pantangan apa-apa sesudah di facial Vit C, cream semua tetap boleh di pakai. Alhamdulillah jerawat udah ga muncul lagi dari sebelum puasa kemarin sampai blog ini di buat. kalau di facial Vit C bisa lebih dari sejam yg jelas aku bisa tidur pules.

Note: Struk-struk facial di kumpulin aja (berlaku untuk semua paketan facial) nanti kalau sudah ada 10 struk bisa dapet sabun gratis. mayan lah yaa~

 
keluar dari tempat facial, ngliat pacar mukanya udah kusut bgt. dia cerita kalo tadi ada mbak-mbak nanya "mas, udah lama perawatan disini"
terus ngedumel "ih emang gue cowok apaan, perawatan gitu" 
tapi buat para cowok tenang aja, disini lumayan banyak kok yg perawatan. muka laki gue mah dari lahir udah bagus jadi ga usah perawatan lagi.

[Tempat]

Dr. Erna seperti rumah biasa, di depannya cukup nyaman terdapat saung-saung dan kolam ikan. ikannya pun juga banyak jika mengajak anak kecil sudah di pastikan mereka akan betah. pacar aku aja betah duduk dan tiduran di saung.
 
[Cream Dr. Erna]
Sudah selesai facial gue ke kasir lagi, ini ga pake ngantri yaa. langsung aja nyelonong asal bawa struk yg pertama tadi untuk nebus creamnya.

Toner (35K) :
Pakainya mesti di tepuk tepuk dengan kedua jari. tidak di anjurkan untuk langsung netesin ke muka yaa. di pakai pagi dan malam. karena muka aku ngelupasnya parah setiap pakai toner, jadi tonernya aku stop di pemakaian bulan ke-4

Cream Klinika [AV] (40K) :

Cream jerawat di totol hanya yg jerawatnya aja, di pakai sesudah toner tapi sebelum memakai cream pagi & malam. 

Cream Pagi (45K) :

Sepertinya cream pagi ini untuk wajah normal, aku suka pakai cream ini ga bikin muka jadi berminyak jg.

Cream Malam NC (45K) :

Cream malam ini sangat membantu untuk memudarkan bekas jerawat. jadi pakai yg banyak ya. aku mah cream malem paling boros 3 minggu sekali abis. tapi bekas jerawat pun hilang, kalah pokoknya Camera 360 mah. hihi.
Cream Acne 2 (65K) :
Cream jerawat naik level jadi Cream AC2
* Di totol di muka yg berjerawat
* Wajib di taro kulkas dan jangan sampai berubah warna.
* Di pakai sesudah cream malam.

Kelebihannya adalah jerawat langsung cepat mengering walapun di pake hanya malam hari. asli lho, jerawatnya pagi-pagi masa pecah sendiri. pokoknya ampuuh bgt lah. di bulan pertama sama kedua, cream AC2 bisa habis hanya itungan 3 minggu. tapi sekarang 2 bulan ga abis-abis.
Cream SK 30 (50K) :
Cream pagi pun naik level jadi SK 30. bedanya bikin muka jadi berminyak. tapi sepertinya cream ini membantu untuk ngebersihin jerawat dan bekasnya. cream ini abisnya bisa 2 bulan sekali lho. #hemat

TWC Acne Natural (75K) :
Nah kalo bedak, aku kesel beli bedak di mall-mall ga ada yg cocok. iseng nanya bedak yg cocok sama muka ku, disaranin beli TWC Acne Natural, hasilnya? nempel banget sama muka ku, semakin keluar keringet malah makin nyatu ma muka. warna nya pun malah lebih bagus. hihihi
harga bedaknya juga standar lah..

5 Bulan kemudian....
23 Agustus 2015

under eye (55K) :
Berasa punya mata panda, begitu mengeluarkan keluh kesah ternyata saran dokter cuman jam tidur gue harus teratur. dia ngasih cream baru tapi percuma rutin pake under eye berbulan-bulan kalo gue nya tetap kurang tidur juga. jadi sekarang aku jam 9 udah harus bobok! Zzzz...

Soap (35K) :
ini sama aja dengan sabun pepaya. emang sabun paya sih. awal perawatan aku wajib cuci muka pagi, siang dan malam dan harus 2x bilas serta di gosok-gosok perlahan.
setelah muka ku tidak muncul jerawat dan memasuki step pengilang bekas, cuci muka hanya sekedarnya aja, pokoknya asal-asalan aja atau di tepuk tepuk sebentar. cuci muka cukup pagi & malam, mungkin ini karena sabunnya juga lebih strong. jujur, aku sih lebih suka sabun yg lama.

Toner (35K) :

oiya toner pun dari bulan Juni sampe sekarang masih ada setengah botol. di tambah  toner hanya di pakai malam hari karena toner yg sekarang lebih strong dan bikin kulit cepat mengelupas jadi aku males pakenya, aku pakai hanya di jidat aja. hehehe itu pun seminggu sekali. ini pun kalo bisa jujur lebih suka toner yang lama. bisa di pakai pagi dan malam sudah gitu ga bikin kulit ngelupas parah. memang sih kulit yg mengelupas hanya kulit mati aja. cuman aku tetep takut kalo kulit ku nantinya makin tipis. 

[Finally]

Walapun di bulan ke-1 & ke-2 perubahan memang belum terlihat atau komentar orang sekitar malah semakin negatif. susah lho mengabaikan komentar orang sedangkan aku lagi berjuang untuk sembuh, tapi makin kesini berfikir gpp lah. aku jadi punya banyak orang yg ikut memperhatikan ku.
di bulan pertama saat aku perawatan di dokter erna sempat ngbrol dengan beberapa orang dan aku pun pernah memuji salah satu dari mereka, kalau mukanya dia mulus.

Di Bulan ke-3 tiba-tiba ada perempuan nyamperin aku, ngajak ngbrol. yaudah jadi ngbrol deh tuh. terakhir sebelum aku pamit pulang dia muji kalau muka ku bersih.

padahal pertama kali kesini, aku yg muji oranglain, tapi sekarang malah aku yg di puji.
roda berputar dan itu nyata dihadapkan ku. Terimakasih Tuhan!

Sejak hari itu komentar orang sedikit demi sedikit berubah menjadi positif. muka ku sudah semakin bersih dan aku tambah yakin kalo memang cocok di dokter erna. tapi ya tergantung juga sih..

rata-rata orang yg kenal sama aku menyarankan agar aku tidak berpindah-pindah tempat perawatan lagi. hehehe...

Di Bulan ke-4 hampir semua orang setiap kali face to face berkata "Muka lo kinclong bgt sih"

"Tar, muka nya bagusan!"

mba-mba SPG pun blg "Muka mbak mah bersih, pake lipstik warna apa juga cocok"


gue lagi pulang senam ada ibu-ibu nyapa "mba rajin senam ya? pantesan mukanya bersih banget, cantik lagi"


ini pada muji muluk, nanti akunya makin semangat perawatan deh!

Di Bulan ke-5 muka ku makin mulus! pokoknya kamera 360 atau aplikasi apapun lewat deh. hehehe. foto gausah di edit-edit lagi dan sekarang muka aku sembuh! hugs!
gak lagi-lagi deh pake cream yg aneh.
Proses dari Awal sampai sekarang.

Dr. Erna's Beauty & Health Care
Jl. Pelita III No. 23
Kampung Ambon - Pulo Mas
Jakarta Timur
Hotline Service : 021-47864520
 
      Happy Reading 
Semoga Bermanfaat
     
 Love, TARI

You May Also Like

226 comments

  1. kalo mau konsultasi ga perlu dateng ke klinik bisa ga ya? soalnya jauh juga klo harus ke jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau deh, tapi kayaknya gabisa.
      kalau konsultasi kan enakan langsung face to face, biar dokternya jg tau jenis kulit kita dan kebutuhan muka..

      Hapus
    2. ka ini bener?aku takut bnyk yg bilang ini itu jadi takut ka boleh minta pin kaka nggk mau tanya nih

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Sis kmrn saya di facial jerawat bonjes di erna yg pulomas dan itu suster pindahan dari pondasi ke situ jadi saya baru pertama sama dia,,ampun deh masa muka ku jd merah banget gini kaya tomat blm ilang jg mending klo di tempat jrwt nya aja ini hampir semua apa dia ngasal ya ngasih jesner nya nanti ilang ga ya sis merah nya ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang udah facial berapa hari?
      kalo seminggu belum ilang juga, mendingan konsultasi aja sama dokternya. biasanya bonus jesner sih di tempat yg berjerawat aja, jadi merahnya juga di muka yg jerawatan.

      Hapus
  3. buka jam berapa tutup nya jam berapa kak? katanya ada cabangnya yah di daerah apartment gading nias?

    BalasHapus
  4. Itu alat facialnya buat apa?di erna harus beli?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalo mau di facial kan ada alat pemencet jerawat sm komedo. ya kalo pertama kali harus di beli, tapi berikutnya mau facial di bawa aja alatnya biar ga beli lagi.

      Hapus
  5. Hallo mau nanya kamu sampe sekarang masih pake erna? Makasih:)

    BalasHapus
  6. Aku mau tanya aku pasien baru di erna nah suster nya bipng aku seminggu skali harus konsultan dan tusuk jarum gtuh kira" kalo hanya konsultan dan tusuk jarum sperti itu aja brp yah hrgany ? Mksih

    BalasHapus
  7. Mau nanya dong kalau kita konsul dulu sebelum facial bayar berapa?

    BalasHapus
  8. Maa tanya dunk sis.. aq rencana mao ke erna krn brmslah ma jrwt yg parah. Kl disana obatnya bikin ngelupas kulit n mngeluarkan jrwt parah dl ga sih ? Krn sblmnya aq dah brobat ke dokter vony di mitra bekasi barat cocok utk jrwtnya tp merahnya ga ilang2 ky kpiting rebus tiap harinya jd aq stop n jrwt muncul lg parah.mohon utk penjelasannya ya sis...trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat aku pribadi sih, bulan pertama perawatan, kulit mengelupas & semua jerawat keluar (malah makin parah), tapi ya cocok"an jg sih ya. sejauh ini aku cocok. cuman jerawat tetep muncul 1 atau 2 tiap bulan.

      Hapus
  9. Jadi kalau konsultasi dan juga tusuk jarum itu gratis yaa?

    BalasHapus
  10. Jadi kalau konsultasi dan juga tusuk jarum itu gratis yaa?

    BalasHapus
  11. waduuuhh,. parah juga ya kalo harus makan ati dulu selama 2 bulan,.
    jadi bingung deh,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, resikonya begitu deh. tapi sesudahnya kan di puji berbulan-bulan. hehehe :D

      Hapus
  12. Mba, kalo ga facial tp mau beli paket cream nya aja bisa gak sih? Soalnya muka aku ga bermasalah, cuma mau bair cerah/putihan aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok.. cuman kalo cream doang, mungkin efeknya lama.

      Hapus
  13. Kaaaa sebenernya dimana alamatnya ka dr erna pelita apa pondasi?
    Makasih sebelumnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. di pelita ada, di pondasi juga ada kok.
      aku lebih sering dateng ke pondasi..

      Hapus
    2. Saya td Konsul tp ko ga di kasi krim SM sabun ya .cuma di suruh facial aja .katanya muka ku ga bermasalah .tp kan mau kinclong aja .gimana yaa

      Hapus
  14. Kaaaa sebenernya dimana alamatnya ka dr erna pelita apa pondasi?
    Makasih sebelumnya hehe

    BalasHapus
  15. Mba pertama kali datang ga sampai 500rb kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga kok.. cuman abis 290rb udah sama facial

      Hapus
  16. mba dokter erna bisa untuk ibu menyusui ga ya?soalnya aq liat toner flek nya ada kandungan hydroqinonnya gitu hik hik :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, aku kurang tau deh. tapi aku jarang sih pake tonernya.

      Hapus
  17. kak kalau di dokter erna bisa mutihin muka gak? aku gak jerawatan kak tp pengen nyerahin kulit muka gitu bisa gak yaa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja, kalo mau facial vit C.. tapi di coba aja langsung konsultasi ke dokter ernanya..

      Hapus
  18. hai lestari,

    mau tanya donk, aku kan lagi mau niatin berobat ke dr erna nanti akhir bulan karena bekas2 jerawat dan jerawat yg udah ganggu. emang bener yah kalo setelah di facial jj mukany kaya kebakar dan gak boleh kena debu dan matahari. klo buat yang kerja gimana yah solusinya.
    Terimakasih^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku sih tiap lagi di luar ruangan ya pake masker aja.

      Hapus
  19. hai, sampe skrg pernah nyoba room 6 gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. trs kl cream acne itu dipakainya sesudah/sebelum cream pagi malam? diblog km yang atas diblg kalo pakainya sebelum "Cream Klinika [AV] (40K) :
      Cream jerawat di totol hanya yg jerawatnya aja, di pakai sesudah toner tapi sebelum memakai cream pagi & malam."

      tapi yg bawah sesudah " Cream Acne 2 (65K) :
      Cream jerawat naik level jadi Cream AC2
      * Di totol di muka yg berjerawat
      * Wajib di taro kulkas dan jangan sampai berubah warna.
      * Di pakai sesudah cream malam."

      soalnya aku lupa urutannya gt u___u seinget aku sih pakai sabun, trs ditotol toner, trs pakai cream malam/pagi, trs baru deh cream jerawat.
      tapi pas dijelasin gt aku inget krim jerawatnya itu hrs ditaruh dikulkas dan kalo warnanya berubah udah ga boleh dipakai lagi (kalau dari deskripsi yg ini kan sama kayak cream acne km yg ke2. tp kl aku itu tulisannya cuma cream acne aja)

      cream jerawat kamu yang ke1 dan 2 texturenya kasar gt gak?(mksdnya kasar itu krimnya kayak ampas gitu, kalau dippakai katanya harus diaduk dulu biar air sama ampas itunya nyatu)

      mohon dijawab yaa, makasih :))

      Hapus
    2. Belum pernah nyoba di R6.. emg kenapa?

      Hapus
    3. Tergantung creamnya..
      kalau cream klinka di pake sebelum cream pagi & malam,
      nah cream AC 2 di pakai sesudah cream malam dan hanya malam hari.

      cream jerawat yg klinika itu kayak gel dan warnanya bening.

      kalau cream AC2, iya agak kasar dan bau jamu tapi ga harus di aduk sih tiap mau di totol.

      Hapus
  20. Kak itu jerawatnya emang lama ya proses sembuhnya? Aku baru 1minggu abis JJ bekasnya jd merah2 gitu apalagi abis dikasih serum jerawat merah bgt ka.
    Kamu di bulan brp udah lumayan ilang?
    Makasih ya sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lama.. mesti sabar karena ga instan buat sembuh.
      kalo aku ga pernah dapet serum jerawat sih.

      di bulan ke-5, bekas jerawat udah lumayan pudar.

      tapi tetep aja, namanya jerawat muncul 1 atau 2 masih wajar kok.

      Hapus
  21. Kak itu jerawatnya emang lama ya proses sembuhnya? Aku baru 1minggu abis JJ bekasnya jd merah2 gitu apalagi abis dikasih serum jerawat merah bgt ka.
    Kamu di bulan brp udah lumayan ilang?
    Makasih ya sebelumnya :)

    BalasHapus
  22. Ini khn dokter yg dkt rmh aq cm beda 3 gang doank, emnk bagus tau..
    tiap hari rame terus

    BalasHapus
  23. Ini khn dokter yg dkt rmh aq cm beda 3 gang doank, emnk bagus tau..
    tiap hari rame terus

    BalasHapus
  24. Mba skarang masih pake prduk dr erna? K0k ya facial washnya makin kesini makin ganti ganti aja. Yg baru skarang yg 250 ml. Tpi k0k pada nerawatan ya. Aku liat bl0g 0rg juga ada yg udah jerawatan make facial wazh yg baru itu. Mba masih make facial wash yg lama gak? Atau udah Kak e fccial wash yg prduk baru? Itu gmn? Ada efek prubahn yg bikin wajag makin parah gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini dia, aku tuh sekarang muncul jerawat lagi.
      ilang satu, numbuh satu. dugaan sih emg ga cocok sama sabun muka nya.

      waktu itu sempet beli sabun yg baru karena yg lama tinggal dikit.
      aku pake seminggu kok muncul jerawat lagi.
      yauda, aku pake aja sabun lama yg tinggal dikit, alhamdulillah ga muncul jerawat.

      karena sabun lama udah abis dan di dr erna gak ada lagi. terpaksa pake sabun baru dengan jerawat muncul terus :'( sekarang sih muka aku parah lagi.

      gatau deh, bingung..

      Hapus
    2. itu juga terjadi di saya mba, saya beralih ke sabun muka yang lain, karena facial wash yang itu ternyata body wash (tulisan facial washnya di tempel) klo mau iseng bisa berkunjung ke blog aku

      http://sartika-noriza.blogspot.co.id/2015/10/kecewa-dengan-pelayanan-klinik.html

      :)

      Hapus
    3. iya, bener. tulisannya di tempel :(

      udah capek sebenenrnya pindah" tempat perawatan.

      Awal-awal dr.erna mah bagus, efek ganti supplier kayaknya jadi muka kita ga cocok.

      Hapus
  25. Mba skarang masih pake prduk dr erna? K0k ya facial washnya makin kesini makin ganti ganti aja. Yg baru skarang yg 250 ml. Tpi k0k pada nerawatan ya. Aku liat bl0g 0rg juga ada yg udah jerawatan make facial wazh yg baru itu. Mba masih make facial wash yg lama gak? Atau udah Kak e fccial wash yg prduk baru? Itu gmn? Ada efek prubahn yg bikin wajag makin parah gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Najla,

      aku saking gemeus liat muka makin hari hari makin ga cocok sama facial wash yg baru (sebenernya itu body wash) tulisannya di tempel. hehehe..

      Akhirnya aku googling dan tlpn ke CV. Bernita Ayu.
      bener dulu dr erna pake mereka dan sekarang sudah engga lagi.

      niatnya mau beli 2/3 pcs karena jauh juga kan di blitar.
      tapi mesti minimal pembelian 10pcs.

      kamu mau beli juga ga? aku kalo 10pcs bedua sm temen juga masih kebanyakaaan. hehe

      Hapus
    2. Kaa aku pake facial wash yg baru itu cocok2 aja sih tapi kalo abis cuci muka agak gatel dan perih. Ohya memang yg dlu kaya apa sabunnya ka?

      Hapus
    3. iya, kata suster imelda emg ada yg cocok ada juga yg engga.
      kebanyakan sih yg ga cocok.

      setelah aku komplen ga cocok sm facial washnya

      staff : iya, memang ganti pabrik karena pabrik yg kemarin cara pembuatannya masih manual (menggunakan tangan) sedangkan setiap hari harus memproduksi 500 pcs. jadi pabrik yg lama ga sanggup.

      Akhirnya pindah dengan pembuatan menggunakan mesin.

      Suster : Dokter Erna kemarin lagi membuat formula baru, karena formula lama sedang di proses BPOM dan ternyata banyak yg ga cocok dengan formula baru akhirnya sekarang sudah di kembalikan ke formula lama.

      Hapus
    4. Haduuuhhhh aku pusing ka kalo ganti2 gitu. Tapi bener juga yg kaka bilang klo facial wash yg skrg ga enak dan terlalu keset di muka.
      Terus skrg gimana muka ka tary?
      Aku tinggal bekas2nya aja ni ka :(
      Bakal ilang ga sih?
      Rada gemes juga aku.

      Hapus
    5. Haduuuhhhh aku pusing ka kalo ganti2 gitu. Tapi bener juga yg kaka bilang klo facial wash yg skrg ga enak dan terlalu keset di muka.
      Terus skrg gimana muka ka tary?
      Aku tinggal bekas2nya aja ni ka :(
      Bakal ilang ga sih?
      Rada gemes juga aku.

      Hapus
    6. hahah, aku juga jadi galau, antara mau lanjut di sini atau pindah.

      muka aku kembali numbuh jerawat lagi nih. biasanya sih jerawatan kalo lagi dapet doang.
      sekarang ilang satu, numbuh dua. hiks.

      ilang kok, kalo kamu rajin facial Vit C sama pake cream malemnya di banyakin. tapi ya mesti sabar.

      Hapus
    7. Kalo pindah bingung ka pindah kemana lagi :(
      Jadi kebanyakan pasien memang cocok sama sabun yg botolnya besar itu ya ka daripada yg skrg?
      Ada kotak saran ga sih di erna apa blg aja sm dokternya ya ka jerawatnya nimbul terus gitu?
      Kamu ga konsul lg?
      Oh gitu ya krim malemnya yg byk hehehe
      Iya ka ini baru 3mggu sih hehe

      Hapus
    8. langsung aja konsultasi ke dokternya.

      aku hari minggu kemarin abis konsul lagi. terus cream malemnya di ganti jadi JC.

      coba kamu konsul, siapa tau ada cream yg nanti di ganti.

      Hapus
    9. Review krim JC nya gmn ka?
      Apakah lebih baik dr NC?
      Kmrn katanya NC abis jd ganti JC dlu gitu -_-

      Hapus
    10. pake JC jadi agak perih di tempat yg numbuh jerawat.
      aku baru pake cream JC 3 hari.
      perubahannya belum keliatan banget.

      Hapus
    11. mba tari aku mau dong ikutan beli facial wash yang dr blitar itu.. kalo mmang mba tari mau beli juga.
      boleh minta no nya ga? atau kita contact2an d wa.
      ini no sy mba tari
      085694366169
      saya ga cocok sm sabun yg skrang di pakai ni mba

      Hapus
    12. Hai Mba Hilda,

      FYI. Aku udah gak perawatan di dr erna lagi.

      Hapus
  26. Haii lestari,

    Aku baru kemarin 30/1/2016 nyoba perawatan di erna dan di facial jj, ya ampunnn sakitnya pengen teriak" aja tapi cuma bisa nangis aja, aku di ruang 6 sama suster imelda, lagi sakit sakit dan kepanasan muka suster imelda ngomong "kita lagi sama sama berjuang nak, sabar lah'itu lucu pengen ketawa tapi gak bisa hahha,,
    aku di kasih obatnya beda sama kamu, aku dapetnya sabun pepaya,sunblock, krim malam, serum muka ( botol beling), serum jerawat (harus taro kulkas botol beling).
    kemarin selesai perawatan jam 5 sore jadi bablas gak pake apa2 sampe pagi tadi, baru pas mau ngantor baru pake sunblock aja. tapi sore ini muka udah kaya mau keluar beruntusan gitu, normal kah?
    sama mau tanya, kan muka gak boleh di gosok2 yah, trus kalo pake krim harus di usap pelan gak apa apa kan ?

    Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. suster imelda biasanya ruang R8.. apa udah pindah? aku belum perawatan lagi sih.

      normaaal kok say, kalo abis di JJ ngeluarin jerawat atau bikin jerawat cepet kering.

      iya, kalo abis di jj ga boleh cuci muka pake sabun dan ga boleh di gosok.
      soalnya kulit pasti ngelupas, jadi biar kan copot secara alami.
      tangannya ga boleh gatel. hehehe

      gpp.. pake krimnya emg mesti di usap pelan.

      Hapus
    2. Hi Lestari,

      Eh salah deng bener kata kamu ruang 8 suster imelda, aku yang lupa, tapi sekarang kalo facial sebut aja nama susterny mau yang mana,.
      udah hari ke2 belum ada tanda tanda mengelupas sih say,
      yang ada muka kayanya tebel dan kaku gitu..
      mudahan mudahan sih cocok di erna, abis udah buruk rupa gini kalo gak cocok sedihh sekali XD ..

      Tq

      Hapus
    3. Hi Nuuna,

      Emg kaya tebel dan kaku, abis itu ngelupas deh kulitnya. kalo memang ga ada yg mengelupas berarti ga ada kulit mati.

      Aamiin, mudah"an cocok dan harus sabar ya, karena prosesnya ga instan.

      Hapus
    4. hi lestari,

      Abis jj hari ke 4 sama 5 baru ngelupas ngelupas, akhirnya bersih sih, tinggal bekas bekas jerawat dan jerawat yg mau numbuh lg. Dan udah pake sabun yang baru dari erna, pas di pake kaya gremet gremet gitu yah di muka, jadi aku gosok bentar aja langsung bilas takut kelamaan malah jadi perih.
      btw serum jerawatnya di pakai habis krim malam itu berapa lama yah dr pake krim malam, semalem aku baru pake abis pake krim malam, efekny panas gitu pas di muka. apa emang kaya gitu serumnya.?

      Hapus
    5. Aku bantu jawab ya.
      Pake serum setelah 10 menit pake krim malem.
      Jadi krim mlm dlu stelah 10 menit baru serum efeknya emang gitu perih bgt .

      Hapus
    6. Hi, Anon..

      makasih udah bantu jawab.
      kebeneran bgt, soalnya aku belum pernah dapet serum.

      Hapus
    7. Hai Anon.

      Thanks udah jawab pertanyaan aku :)

      Hai Lestari,

      Sabtu kemarin abis ke erna lagi, dan nyoba di ruang 2 sama suster Dani, rekomen deh mencetin jerawatnya masih pake perasaan dan susternya juga enak buat di tanya tanya, dan aku jadi pasien terakhirnya dia sampe tutup tuh dr.erna (hihihi)
      Oh ya suster dani juga bilang kalo gak cocok sama facial wash yang cair mintanya yang batangan aja, kata dia ada.
      aku mau beli krim nc jc malah abis stocknya. (padah sudah tinggal 3x pake lg) jadinya cuma beli krim pagi.
      kemarin nyoba facial jerawat krn msh ada jerawat yang numbuh mau facial vit c belom boleh, udah nguber nguber waktu eh dr ernana udah tutup konsul.
      BTW mau tanya dong kalo pada abis facial suka kasih tip ke susternya gak?
      THX

      Hapus
    8. Hai Nuuna,

      iya, kalo suster dani mencetnya emg pake perasaan. jadi kita juga ga nyampe nangis. hihi.
      oh ya? padahal baru minggu lalu cuman ada cream NC JC..
      oh, ada juga sabun batangannya, boleh tuh..
      soalnya aku udah bener" stop sama facial washnya yg skrg.
      aku aja skrg balik lagi di facial JJ nih. hiks..
      iya, aku suka ngasih kok.

      Hapus
    9. hai lestari,

      iyah mencetnya pake perasaan tapi muka aku belum kebal sama begituan soalny dari abg sampa udah segini gak pernah perawatan alhasil nangis dan meringis mah tetep. hihih
      yah sayang banget, kayanya kalo harus bolak balik juga kan makan ongkos juga kalo gak ada yang anter.
      iyah kmrin aku juga kasih ke suster dani seadanya di dompet aja, hihiih
      gmn kalo bikin group aja di whatsapp atau line, khusus pasien dr erna jadi bisa tuker pengalaman gitu.

      thx

      Hapus
    10. Hi nunaaa..
      Apakah jerawat kamu banyak ?
      Aku di jj suster imelda jadi merah se muka huhu
      Jelek banget tp katanya harus sabar.
      Skrg gmn perkembangan muka kamu?

      Hapus
    11. hii Anon,

      Iyah pas pertama kali di jj sama suster imelda, udah kaya kepiting rebus dan saat itu jerawat emang lagi parah2nya.
      buruk rupa banget setelah di JJ tp setelah 1 minggu pada ngelupas dan tinggal bekas2nya aja skrng say.
      masih tahap ngilangin bekas2nya say. minggu depan mau ke erna lagi.
      rutinin aja krim malam sama pencuci mukanya aja.
      jangan males pake krim. klo emang muka sensitif hindari makanan yg bikin gatel dulu.

      Thanks

      Hapus
  27. Kak lestari,Aku baru 5 februari 2016 perawatan di dr.erna,jerawat diwajahku jadi merah merah gitu.Apa itu wajar untuk pemula ? Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu abis facial atau cuman pake cream aja?

      Hapus
    2. Hai ka lestari . Aku pasien erna jugaa .. sekarang aku udah berhentiin make erna ka .. tapi aku tetep make facialwash nyaa .. muka aku ga ada masalah ama jerawat ka . Cuman kusam dan kurang cerah ajaa .. menurut kaka gimanaa

      Hapus
  28. Hallo aku mau tanya kalo cream acne itu emang agak cair ya? Kok aku aduk pas abis dari kulkas berair gitu trs cair gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Chindy,

      emg kamu dapet cream acne yg mana?
      kalo punya ku ga pernah berair.

      Hapus
  29. Aq mw tanya klo perwatan di dokter erna untuk ibu menyusui bisa ga ya?

    BalasHapus
  30. Aq mw tanya klo perwatan di dokter erna untuk ibu menyusui bisa ga ya?

    BalasHapus
  31. Kak jerawatku msh bermunculan waktu itu aku mencoba ruang 2 dan 3 .
    Apa yg sering berjerawat seperti ini cocoknya ke suster imelda ya ka?
    Oh ya ka NC JB sudah stock hehe

    Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga,
      kalo aku sih, cepet sembuhnya tiap abis di JJ sama suster imelda.
      kalo suster lain, biasanya facial jerawat doang.
      belum pernah nyoba JJ di ruangan lain.

      makasih infonya..

      Hapus
    2. Iyaa sama sama ka tary :)
      Baiklah minggu ini akan aku coba di suster imelda karena msh suka bermunculan ini di pipi :(
      Thanks kaa..

      Hapus
    3. Ohya ka stelah jj mukanya jadi putih gitu ya wlwpn msh ada bekas jerawatnya tp bikin putih gitu hehe suka bgt.

      Hapus
    4. Ohya ka stelah jj mukanya jadi putih gitu ya wlwpn msh ada bekas jerawatnya tp bikin putih gitu hehe suka bgt.

      Hapus
    5. iya, di coba aja.
      semoga cepet sembuh.

      Hapus
    6. iya, kalo abis di JJ keliatan bersihan karena kulit mati kita kan ke angkat semua.
      kalo di rutinin sebulan sekali, lama" bekas jerawatnya memudar kok.

      Hapus
  32. Terima kasih banyak ka tary sharingnya :)
    Semoga semua lekas sembuh juga jerawatnya..

    BalasHapus
  33. Kak abis jj sm suster imelda memang merah2 gitu ya ka?
    Soalnya waktu sama yg lain ga gtu ka.
    Agak parah merahnya huhu

    BalasHapus
  34. Ka aku baru 3 hari pake produknya hampir mirip kaya yg kk pakai pertama.. tapi pas cuci muka gatel trus panas sm perih trus pakai toner juga gtu.. apa itu efeknya ya.. salam kenal ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Indah,

      Iya kalo sabun yg sekarang bikin perih sama sesudahnya bikin gatel. aku udah sebulan ini ga pake sabun cuci muka sama tonernya lagi.
      cuman pake cream pagi & malamnya aja.

      Hapus
  35. Aq mw ke dokter erna nihh, pertama kali kira2 bawa budget brapa ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung muka juga..
      kalo aku pertama kali ga nyampe 300rb sih..

      Hapus
  36. Ka tari mw tanya.. kalo abis facial jerawat bonus jesner cuci muka pake sabun atau ga? Soalnya terapis facialnya bilang pake sabun nah pas aku ambil obat jangan pakai sabun???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dapet bonus jesner. aku sih ga pake sabun dulu selama 1 atau 2 hari.
      cuci muka pake air biasa aja.

      Hapus
  37. Aku bonus jesnernya hampir semua ka soalnya kan komedo ku penuh di semua jadi bonus jesner nya semua.. jadi kering gtu ya ka jerawatnya.. cuma di bagian yg jerawat pd ngering

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,, pada ngelupasnya di bagian yg berjerawat doang sih.
      nanggung bgt, aturan sekalian aja di JJ. hasilnya lebih memuaskan. bonus ga berasa. hehe

      Hapus
  38. Ka tari km mw order facial wash yg bernitaa ayu.. kalo mau aku ikut ya ka nitip..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, aku galau dan masih ragu mau beli. abisnya minimal 10pcs.
      kebanyakan.. :(
      nanti kalo jadi order aku kabarin yaa.
      kamu sabunnya mau berapa?

      Hapus
    2. Aku mau nitip juga boleh ga ??

      Hapus
    3. Haii aku juga mau donggg ... Kalo beli sabun nyaa ... Aku pesen 2 . Boleh minta kontaknya ??

      Hapus
  39. Ka pin bbm atau wa lah biar gampang komunikasinya hehehe

    BalasHapus
  40. Ka jadi aku 2 hari aja gpp ga pake sabun atau 4 hari ka?

    BalasHapus
  41. Ka trus juga merawatnya jadi kaya luka ngering gtu ya kaya abis jatoh kering gtu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo indah aku bantu jawab ya.
      Iyaaa kaya abis luka yg mengering gitu nanti semingguan lebih udah mendingan kok.
      Sabar ya yg rajin cuci muka sama pake krim malem banyakin.
      Klo bonus jesner pengalaman aku cuci muka pakai sabun di hari ke 4.
      Salam kenal :)

      Hapus
    2. hai anon,

      tks udah bantu jawab.
      iya kalo bonusnya seluruh muka gitu, mendingan pakai sabun di hari ke 4.

      cara merawatnya, kamu mesti sabar. tangan jangan gatel buat ngelupasin kulit keringnya ya!

      Hapus
  42. mbak... beli bedak TWC Acne natural itu beli dimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. di Dr Erna, pertamanya sih aku konsul dulu.
      mau beli bedak, terus dokter erna nyaranin aku beli yg TWC Acne Natural..

      Hapus
  43. Thx ka anon udh bantu jawab.. iya ka ini udh mendingan udh pd ngelupas dikit2.. aku add ya ka tari .. terimakasih banyak ya semuanya. Hehe

    BalasHapus
  44. Indah aku mau tanya kamu pake facial wash yg apa ya?
    Skrg produknya baru juga facial washnya bukan yg 2 in 1 sama body wash.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Line km apa ka anon? Biar komunikasinya gampang hehe Aku masih yg 2 in 1 ka yg merk thai itu..

      Hapus
    2. Line km apa ka anon? Biar komunikasinya gampang hehe Aku masih yg 2 in 1 ka yg merk thai itu..

      Hapus
  45. Mba lestari saya sudah kirim pesan ke line kamu, coba di cek ya. Mba anon juga ya. Siapa tahu kita bisa saling sharing soal klinik kecantikan dan produk kecantikan yg bagus buat kita. Juga soal produk dr erna yg ini. Soalnya saya juga sempat kecewa dengan produk nya yg ganti ganti terus.

    BalasHapus
  46. Sebelum ke Erna's aku cari tau dulu reviewnya soalnya orang kantorku pada bilang bagus dan muka mereka bersih-bersih bgt. Search google eh langsung muncul blog kamu ka. Setelah baca jadi tergiur dengan kondisi wajah yg cukup mengkhawatirkan dan krn emang turunan jerawatan. Udah yg ke dua kesini setelah facial jesner yg bikin muka perih dan mengelupas sekitar 10harian. Kondisi muka skrg udah mendingan. Cuman kadang klo cumuk tuh perih dan pas konsul sm dokter disaranin spy gapake toner tiap hari soalnya aku pake tiap hari. Pas jumat ini konsul, dokter bilang klo muka aku udh mendingan bgt dan cepet bgt ilang jerawatan tapi bekas merahnya emang masih ada dan disaranin buat mesotherapy. Sebenernya dokternya kaya agak ragu jg sih keliatannya nyaranin aku buat meso, krn umur aku masih 20. Tapi pas disana ada yg umur 22 udah meso, dan mukanya jadi mulus lus lus. Udah pernah coba meso ka? Pengen tau aja efeknya apa dan seperti apa, takut efek sampingnya di hari tua. Mengenai sabun, krn aku baru masih merasa baik-baik aja sih. Tapi jd was was krn aku baca blog kaka lagi. Smoga cepet sembuh ya ka mukanya, yg penting kitakan usaha dulu daripada ga berbuat apa2 cuman takut dan dengerin banyak omongan orang ttg perawatan di dokter. Salam kenal ya ka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Verra salam kenal juga,

      Alhamdulillah dong kalo kamu cepet sembuh. emg kalo di jesner bikin muka cepet mulus lagi sih.
      Aku sih belum pernah di meso dan dokter cuman nyaranin facial Vit C aja, buat ngilangin bekas jerawat.
      oiya, kali aja pembaca blog aku ada yg udah pernah di meso?
      boleh kasih reviewnya dong. hehe

      mungkin karena kamu baru, jadi cocok sama sabun yg baru juga, soalnya pasien lama, ga cocok sama sabun yg baru.

      Aamiin..

      Hapus
    2. Iya mungkin tadi nya karena sudah terbiasa pake yang lama jadi aneh muka nya ganti sabun yang baru . tapi sejauh ini aku cocok sis sama sabun dan produknya .

      Hapus
    3. Iya mungkin tadi nya karena sudah terbiasa pake yang lama jadi aneh muka nya ganti sabun yang baru . tapi sejauh ini aku cocok sis sama sabun dan produknya .

      Hapus
  47. Mbak minta line nya dunk sp tw bs sering, soalnya aku jg mrngalami yg sama, setelah pake facial wash yg baru kenapa jd jerawatan nie, pd hl dl mulus" aja :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ga cocok, temenku yang biasanya mulus2 aja juga gitu mba.

      Hapus
  48. Mbak minta line nya dunk sp tw bs sering, soalnya aku jg mrngalami yg sama, setelah pake facial wash yg baru kenapa jd jerawatan nie, pd hl dl mulus" aja :(

    BalasHapus
  49. Makasih ya lestari infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  50. Minggu kemaren aku, facial JJ....
    Paginya langsung shock lihat mukaku kyak hitam-hitam gtu tapi di area tertentu.
    Mau tanya dong, ada yg pernah mengalami kulit hitam2 gtu gak stelah fasial JJ... nanti hilang gak yaa hitam2 nya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai stevany,

      sudah hilang kah kulit hitam"nya? itu mungkin kulit mati dan ngelupas ya?

      Hapus
    2. Sudah kok... sekarang kulit aku lebih bersih :)

      Hapus
  51. Hay selamat malam kaa lestari ..
    aku mau tanya dong, wajaah aku ga jerawatan tp karna aku pake hijab dan sering kegiatan outdoor jd belang gitu wajah aku .. sekalian mau nyerahin wajah, bisa gak yaa?
    kira kiraa pertama dateng langsung facial boleh gak yaaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok, temen ku juga ada yg mau mencerahkan wajah. asal rajin aja pake creamnya.
      nanti kamu konsul sekalian tanya sm dokternya muka kamu cocoknya facial apa.

      Hapus
  52. haiii ak jg pasien lama dr erna ga cocook sama facial wash barunya. kalo mau pesen facial wash lamaa boleh dong aku join, aku boleh minta contact km g lestari? thanks ya..

    rienmitra@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai juga rien,

      kebeneran muka aku udah mulai cocok sama sabunnya dr erna lagi. hehe..

      Hapus
    2. hay, Tarry...
      boleh minta line nya?

      Hapus
  53. haiii ak jg pasien lama dr erna ga cocook sama facial wash barunya. kalo mau pesen facial wash lamaa boleh dong aku join, aku boleh minta contact km g lestari? thanks ya..

    rienmitra@yahoo.com

    BalasHapus
  54. kk aku skrg lg jerawatan meradang bgt dr jidat sampe ke pipi kanan kiri,aku review dlu kira2 di erna bisa gk yaa hilang kk?makasih

    BalasHapus
  55. hallo tarry...
    mau tanya kalau yg di gading nias itu juga ada dr.erna kan / sdh pernah kontrol di sna blm, kalau sdh perna recomend suster yg recommended donk.dan tarry , aq blh minta line qm? karena aq baru permulaan mau ke dr.erna

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, yg di gading nias jg dr erna. aku belum pernah kontrol disana si.

      Hapus
    2. Di dr.erna ada peeling gk y?

      Hapus
    3. Di dr.erna ada peeling gk y?

      Hapus
  56. mbah, Bisakah kalo gadis yg berusia 16th ini boleh periksa wajah di dokter ERNA? karena gadis ini biasanya punya jerawat seperti kalian kayaknya begitu lah. tolong di balas ini ya thnks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. konsultasi aja ke dokter erna. biasanya di kasih cream dan facial wash yg soft.

      Hapus
  57. mbah, Bisakah kalo gadis yg berusia 16th ini boleh periksa wajah di dokter ERNA? karena gadis ini biasanya punya jerawat seperti kalian kayaknya begitu lah. tolong di balas ini ya thnks.

    BalasHapus
  58. Ba lestari, mau sharing nih
    Kemaren abis facial JJ aku si minta sendiri, trus di kasih cream JB dan klinika baru 2 hari si
    Tp muka nya kaku banget dan kering apalagi bagian pinggir idung
    Mana tmn kantor bilang muka lu serem banget yan
    Hmm gimana ga nambah drop nih hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba dian,

      ohya, kalo abis di facial JJ emg gitu. muka kering dan mengelupas karena kulit mati kita di buang.
      gpp di bilang nambah jelek. soalnya dulu aku jg gitu.
      tapi di abaikan aja omongan temen" kamu dan di rutinin facial 2 minggu sekali.
      lama-lama jadi bagus lho mukanya.
      soalnya dulu aku juga kaya gitu.

      Hapus
  59. Mba,mau nanya beberapa pertanyaan. Kalau facialnya tempat lain tapi obatnya erna efektif ga ya buat ngilangin jerawata? Soalnya kata emak yg facial gua asala asalan, tapi obat yg gua pake sih manjur banget.
    Terus mau nanya juga itu facial jj kalo jerawatnya tinggal bekas? Sama berapa kali sebulan?
    Sama satu lagi, kalo bolong bolong bisa diobatin ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo itu sih ya cocok2an juga, kalo kamu lebih cocok facial di tempat lain. gak ada masalah menurut aku sih gpp.

      di anjurin sama dokter erna facial 2 minggu sekali.
      setau aku JJ itu kan Jerawat Jesner ya. kalo bekas doang mah minta cream penghilang bekas jearwat aja sama dokternya.

      Bisa kok, kalo ga salah namanya di meso deh. coba aja konsul biar lebih enak.

      Hapus
  60. Mba aq perawatan di erna udh 2 tahun lebih tp tetep ajh apa karena ga pernah facial ya slama 2 tahun itu.. hanya pake creamnya ajh.. kira2 klo facial tuh brp lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku ngerasanya setiap habis di facial tuh mukanya lebih mendingan aja.
      di facialnya mah paling 45 menit - 1jam, cuman nunggu antriannya aja yg mesti extra sabar.

      Hapus
  61. Kak mau nanya di dr. Erna ada terapi/treatment ambil darah kotor untuk jerawat dengan cara disuntik ada gak yaa? Dan kira2 harganya sekisaran berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo soal ambil darah kotor gitu, aku ga pernah tau. coba aja kamu tlpn ke dr erna atau konsul langsung sama dokternya aja.

      Hapus
  62. Kak mau nanya di dr. Erna ada terapi/treatment ambil darah kotor untuk jerawat dengan cara disuntik ada gak yaa? Dan kira2 harganya sekisaran berapa ya?

    BalasHapus
  63. Sist mau nanya dunks, dr. Erna yg di pondasi patokan nya apa yaa..
    Jadi galau g ktemu" sama tempat nya -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku sih patokannya pasar kampung ambon, dari pasar lurus aja nanti adanya disebelah kanan.
      tempatnya kaya rumah gitu.

      Hapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. Halo sis salam kenal. Boleh minta contactnya buat tanya2 ttg dr.erna? Thankss ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai juga nisa,

      kalau mau tanya2 silahkan di blog ini aja ya say.

      Hapus
  66. Hai kak , aku mau nanya nihh
    Aku kan pake krim dr erna udah 2 mingguan lebih , tapi kok jerawat nya kaya merah" gitu ya ? Terus juga muka aku jadi berminyak banget , jadi asal siang" pasti temen" aku selalu bilang * kok muka lu berminyak banget sih , emang di apain muka lu * ( tolong di jawab ya kak )

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai fatin,

      coba konsultasi aja sama dokter, biasanya di ganti cream kok. mungkin kamu ga cocok pake cream yg skrg.

      Hapus
  67. kakak aku mau tanya , apakah dulu muka kakak panas perih kalau baru pemakaian cream , aku kok mukanya panas perih ya kakk sama kalau habis cuci muka perihnya gak ketulungan ,, sama sekitar hidungnya panas sama perih banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pake creamnya aku ga pernah ngerasa panas, cuman sabun cuci muka yg pepaya emg agak perih. makanya aku ganti ke sabun green tea dan cocooook. hehe.

      coba aja kamu konsul lagi biar lebih pasti

      Hapus
  68. Q mau nnya nii
    Q dpt cream sabun, Toner, Av, Nught cream, SB acNe
    Sudah dijlaskan tapi stlah sampai dirumah lupa
    Td cream mlm yg mana dlu yg dipakai
    Dn pagi yang man
    Tolong bri petunjuk nya... Trimakasih

    BalasHapus
  69. Q mau nnya nii
    Q dpt cream sabun, Toner, Av, Nught cream, SB acNe
    Sudah dijlaskan tapi stlah sampai dirumah lupa
    Td cream mlm yg mana dlu yg dipakai
    Dn pagi yang man
    Tolong bri petunjuk nya... Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Titi,

      Pagi : Sabun, Cream AV dan SB Acne
      Malam : Sabun, Toner, Cream AV, Night Cream.

      seinget aku yaa, fyi soalnya aku udah ga perawatan di dr erna lagi.

      Hapus
    2. kaka kenapa nggak perawatan lagi disana ???
      apakah ada Dr yang lebih bagus kak

      Hapus
    3. Hai Dina,

      Dr erna bagus kok kalo kamu rutin perawatan 2 minggu sekali disana.

      Aku pindah karena nyari yg deket rumah dan bisa sekalian pulang kerja.

      Hapus
  70. Hai,

    aku udh 2 bln perawatan di Dr. Erna cuma pas baru dateng aku konsul ke Dr. Hesty, sebulan pertama setelah facial+bonjes muka ku sudha bersihan , klo pun ada jerawat cuma 1-2 dan itu kecil bgt. setelah masuk bln ke 2 aku mulai stress timbul jerawat2 disekitar pipi dan jidat. cuma setelah di facial+bonjes kulit ku ga ngelupas sprt pertma x bonjes. ngelupasnya cuma tipis2 aja, muka bekas bonjes masih merah dan timbul jerwat 1-2 seperti bentol2. itu knp ya ka? apa normal2 aja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Lisna,

      biasanya setelah di facial dan bonjes yang kedua kali terus ga ada yg mengelupas karena memang sudah ga ada kulit matinya lagi.

      kalo abis di bonjes memang kadang seperti itu. bisa mengeringkan jerawat atau ngeluarin semua jerawat dulu.
      tapi kalo makin parah coba konsul lagi aja ke dokternya.

      Hapus
  71. Hai ka mau nanya. Klo di erna itu ketergantungan ga si?

    BalasHapus
  72. mksh infonya.. mba tari mau nanya abis make krim AV buat jerawat kan make night cream. nah sblm make night creamnya itu harus pake sabun paya dl ga sih ato lgsg aja abis AV. mksh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mas Randy,

      Seinget aku urutannya Facial Wash-Toner-cream AV-Night Cream.

      Hapus
  73. hai mba

    aku mau tanya lagi deh, sebulan pertama wajah ku mulus pke krim dari dr. Erna spf 30 oil free sama krim mlm JA dan salep (aku lupa namanya apa) aku ga di kasih toner. lalu setelah masuk 2bln wajah ku timbul jerawat kecil2 sudah lah di bonjes lalu malah timbul jerawat lg. alhasil aku mutusin ke dokter dan dokter bilang itu wajar krna ngeluarin semua jerawat dlu. Ok aku tenang setelah dr bilang gtu. tp setelah beberapa hari kemudian, jerawat tetap tumbuh2 kecil2 walau ga byk. muka tiba2 jadi gampang memerah dan kasar. aku ragu apa krimnya harus diganti atau krim yg dipakai salah?
    tp sebulan pertama muka ku sempat bersihan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Lisna,

      Aku bingung jawabnya. hehehe
      lebih baik konsul lagi aja sama dokternya.
      Soalnya aku juga udah ga perawatan disana.

      Hapus
  74. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Melinda,

      Jujur aja, aku pun udah berenti dari dr erna. Aku juga gabisa menjamin kamu cocok apa ngga, karena kan jenis muka orang jg beda-beda.

      tapi lebih baik di coba aja dulu, daripada ga sama sekali. siapa tau kamu cocok di dr erna.

      Hapus
  75. Hay mba tari.. mo nany dong di dr.eena ada treatment buat hilangin scar(bopeng2 bekas jerawat) kah?? Thanks...

    BalasHapus
  76. Hay mba tari.. mo nany dong di dr.eena ada treatment buat hilangin scar(bopeng2 bekas jerawat) kah?? Thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga mba weni,

      Ada kok dan untuk treatment ini biasanya di tanganin sama dokternya langsung.
      jadi konsultasi aja dulu kesana.

      Hapus
  77. MBA mau nanya dong kalo mengalami bopeng dan parut doang itu bisa nggak? Dan Kalau bisa harganya berapa per kunjungan/tindakan

    BalasHapus
  78. Mba, mau tanya dong. Knp mba berhenti pemakaian di Dr. Erna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena dr erna dari rumahku kejauhan dan jadwal aku makin padat. jadi sebulan sekali aja udah susah nyari waktunya. sedangkan kalo di dr erna hasilnya akan memuaskan kalo kita kesana 2 minggu sekali.

      Hapus
    2. Ka aku mau tanya deh, emang kalo perawatan di dr erna terus ga rutin dtg kesana 2minggu sekali hasilnya ga maksimal?

      Hapus
    3. Hai Elma,

      Kalau menurut ku sih iya, hasilnya kurang maksimal aja.

      Hapus
  79. mau tanya dong di erna ada yang pernah sama dokter hesti atau florens ga?gimana ya reviewnya?bagusan mana antara 2 dokter itu?

    BalasHapus
  80. Hallo kaa tari

    Mau tanya, untuk cream malam kan disaranin susternya pakai habis maghrib sama habis isya. Pas maghrib udh pakai, trus habis isya mau pakai lagi mesti cuci muka ulang pakai sabunnya atau gimana ya?

    Makasih sblmnya kaa

    BalasHapus
  81. Haii ka Lestari.. Setelah perawatan untuk kulit berjerawat dan menghilangkan bekas jerawat, apakah setelahnya akan timbul jerawat banyak yaa? Kalo timbul jerawat banyak, bisa berapa bulan kak? Trus menghilangkan bekas jerawatnya sampe berapa bulan kak? Thank you :)

    BalasHapus
  82. Kak toner itu dipake malam aja,atau pagi juga ya kak

    BalasHapus
  83. Baik Kabar
    Nama saya SUFRIDHA TRISUCI, warga Indonesia, dari Medan kota. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan crutial disarankan untuk semua warga negara indonesia yang mana untuk mencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, Beberapa kreditur ada disini untuk menipu orang dan merobek uang hasil jerih payah mereka tapi Ibu Glory perusahaan berbeda
    Beberapa bulan yang lalu, saya sangat membutuhkan pinjaman tapi bank tidak dapat menawarkan saya, karena mereka memerlukan agunan yang nyata, yang tidak dapat saya menyediakan. Saya memutuskan untuk mengajukan online pinjaman dan Saya ditipu sekitar 200 juta, mencoba untuk membayar biaya tak berujung mereka yang saya tidak pernah tahu itu semua bohong dan cara mereka menipu orang-orang yang tidak bersalah yang membutuhkan pertolongan. Aku hampir mati, sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Glory, pemilik sebuah GLORY PINJAMAN PERUSAHAAN, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya menghubungi dan dia meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp950,000,000 dalam waktu kurang dari 6 jam dari pengolahan dengan tingkat bunga 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu Glory mentransfer kredit saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya

    Saya memutuskan untuk mengingatkan dan berbagi kesaksian saya tentang Ibu Glory, sehingga orang-orang dari Medan dan Indonesia bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Glory melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: sufridhatrisuci12@gmail.com dan Bu dewi Rumapea yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Ibu Glory, Dia juga menerima pinjaman dia dari Ibu Glory. Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: dewiputeri9@gmail.com Sekarang, saya seorang pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Allah SWT terus memberkati Ibu Glory untuk pekerjaan yang baik dalam hidup saya dan bahwa keluarga saya.

    BalasHapus
  84. Halo Semua, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua orang Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu dan fraudstars banyak kreditur kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang asli dan nyata,

    Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih belurrm mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga 2% rendah, tidak peduli berapa usiaku, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin saran semua orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com

    BalasHapus
  85. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  86. kk , klo ke dr erna itu tidak mesti facial kan kk? atau harus facial?

    BalasHapus
  87. kk , klo ke dr erna itu tidak mesti facial kan kk? atau harus facial?

    BalasHapus
  88. Salam kenal. Saya juga baru nyoba perawaran di dr erna pondasi. Ini udah mau 2 mngguan. Waktu konsuk di saranin facial jj di room 7 sama st catreen. Setelah di jj jerawat2 aktif kering dan mengelupas. Tp kok masi ada aja jerawat yg nongol ya. Oiya aku dpt cream2nya ada sb acne, toner, acne maintenance buat mlm, clinika gel untuk di totol bag jerawatnya sama sabun. Tapi ssbunnya ga aku pakai karena setelah pakai sabun jrwt jd pada numbuh. Ini cocok apa ga ya? Pipi sblh kanan masi merah2 dan jrwt masi ada. Tp aku liat temen aku tdnya sama kaya aku tp skrng mlus2 ajah dan pas dipegang tuh alus banget. Ini cocok apa ga ya sbnrnya??😣😣😣

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang di facial jg malah ngeluarin jerawat lagi. tapi kan kamu baru 2 mingguan jg. coba perawatannya di rutinin aja. kan semua butuh proses, gak ada yg instan langsung mulus. apalagi emg dasarnya muka berjerawat.

      Hapus
  89. Sist aku mau tanya, facial jj itu utk apa ya? Dan kalo tinggal bekas jerawat aja enaknya facial apa ya biar cepat hilang? Terimakasihh... Aku dierna sudah hampir 5 tahun. Dan aku sempet pindah keZ*P tp kyknya kurang keliahatan hasilnya. Dan skrg aku mau balik lg ke erna hehe

    BalasHapus
  90. Kecewa sma klinik yg di galaxy terapistnya ga pke masker jd kalo ngerjain ke kita napasnya gtu lngsung ke kita ga nyaman bgt jd nya kalo konsul juga kitanya mulu yg bnyak nanya bknnya dikasih gini gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho? sekarang dr erna ada di galaxy juga? aku malah baru tau.

      Hapus
  91. Hy mba lestari.. mau tanya donk.. produk cream dr erna ini apakah hrus di simpan di dalam kulkas?

    BalasHapus