RAPEL : Daftar KUA

by - Selasa, Oktober 18, 2016

Point paling penting dalam pernikahan ;
Daftar ke KUA.

Aku menemukan beberapa pasangan yang udah nyari WO, beli souvenir, sudah cetak undangan. H-7 hari pernikahan tinggal nyebar undangan. eh malah lupa kalo mereka harus daftar dulu ke KUA dan baru ngeh belum dapet penghulunya.

Ya, aku belajar dari pasangan ini.
Tanggal pernikahan kami memang sudah dapat. Tapi aku masih belum berani order souvenir apalagi bikin undangan sebelum mendapatkan penghulu!

Persyaratan KUA Jaka Mulya Bekasi :
  1. Surat Keterangan untuk Nikah (N1)
  2. Surat Keterangan Asal Usul (N2)
  3. Surat Persetujuan Mempelai (N3)
  4. Surat Keterangan Orang Tua (N4)
  5. Fotocopy KTP CPP & CPW
  6. Fotocopy KK CPP & CPW
  7. Fotocopy Akta Kelahiran CPP & CPW
  8. Fotocopy Ijasah terakhir CPP & CPW
  9. Fotocopy KTP Wali nikah
  10. Pas Photo uk 2x3 : 4 Lbr
  11. Pas Photo uk 4x6 : 2 Lbr
  12. Biaya Pencatatan Nikah : Rp. 600.000,-
Step By Step cara pengurusan daftar KUA:
  1. Datang ke RT untuk bikin surat izin nikah, kalau CPP bikin surat numpang nikah. nah berkas ini wajib di tanda tangani serta di stempel dari RT, RW kemudian berkas tsb di bawa ke Kelurahan dan biasanya berkas di tinggal.
  2. Jika sudah selesai di tanda tangani pak Lurah akan diinfokan melalui SMS, jika kalian tidak mendapatkan info, datang lagi aja ke kelurahan untuk konfirmasi. 
  3. Setelah selesai dari kelurahan berkasnya menjadi; a) Surat Keterangan untuk Nikah, b) Surat Keterangan Asal Usul, c) Surat Persetujuan Mempelai, d) Surat Keterangan Orang Tua.
  4. Datang ke KUA sesuai dengan Kecamatan masing-masing ya. Jangan lupa bawa berkas-berkas dari kelurahan dan biasanya di KUA persyaratannya lebih lengkap lagi. Nanti disini akan mengisi data tempat, hari, tanggal, jam dan maharnya. Jam yang aku request masih belum fix, bisa maju dan bisa juga mundur. Pihak KUA mesti melihat jadwal si penghulu dulu. Just info kalau kalian nikah di weekdays dan tempatnya di KUA itu gratis, karena aku insya Allah akan nikah di weekend maka kena biaya Rp. 600.000,- pihak KUA memberikan nomer rekening BRI.
  5. Untuk Pas Photo backgroundnya bebas boleh biru ataupun merah. asalkan background CPP dan CPW harus serasi! Bajunya juga bebas.
  6. Setelah selesai transfer dan persyaratan sudah lengkap semua, aku balik lagi ke kantor KUA dan pihak KUA akan memberitahu nama penghulu, serta jam akad nikah yang fix. Alhamdulillah jam yang kami mau masih kosong. Bismiillah, semoga proses akad nikah berjalan dengan lancar. Aamiin.

Note : Semakin cepat daftar ke KUA akan lebih baik juga, supaya dapet jam yang kita mau karena kan dalam 1 hari yang nikah bukan kita doang.


Wedding Preparation  
Riyan Agung Pratama & Endang Lestari
{RAP - EL}

You May Also Like

0 comments