Tandem Nursing

by - Kamis, Oktober 24, 2019

Padahal aku lagi berusaha menyapih kakak Arsyila dengan sounding dia terus tiap malem. tapi apalah malah kepikiran dan penginnya nulis pengalaman tandem nursing aja.

Sebenernya aku melakukan tandem nurisng amat sangat dipandang sebelah mata awalnya selow aja, tapi lama-lama gemes jadi aku googling dan ketemu artikel dari AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) Ini artikel kok ya aku banget sih. lalu ku jadikan status, berharap sudut pandang mereka berubah. Kalau tidak berubah ya bodo amat lah~

Ketika aku baru tahu hamil anak kedua, usia kakak masih 7 bulan. Karena aku bertekad menyusui setidaknya 2 tahun, aku memutuskan untuk tidak berenti menyusui.

Menyusui sambil hamil itu emang ga mudah. Aku berenti pumping di kantor saat usia Arsyila 10 bulan, karena produksi ASI mengalami penurunan. Stok ASI pun menipis. Ngasih kakak sufor pun tidaklah mudah~

Baca : SUSU FORMULA & SUSU KOTAK ARSYILA

Sufor hanya untuk siang hari, malamnya tetap saja nyusu langsung dengan mama.

Kakak Arsyila tidak mimi sehari saat aku melahirkan adiknya. Tapi saat adiknya lahir dia langsung dapat nyusu. tak ada drama menyusui di anak kedua. seperti anak pertama yang ASI keluar setelah 3 hari.

Tandem nursing sesuatu hal yang menyenangkan ;

Tiap kali adik nyusu otomatis kakak juga minta ikutan. Begitupun kalau kakak minta nyusu pasti ngajak adiknya juga "Dede ayo nenen. sampai baju sebelah di bukain untuk adiknya dan di tungguin dengan sabar" Karena kalau aku lagi nyusuin mereka barengan. itu pasti adiknya duluan yang aku kasih dan nyari posisi yang enak. kemudian kakak karena sudah bisa nyamperin nen sendiri dan ambil posisi enak menurut dia.

Ketika kami ber3 di tempat tidur. aku suka ngajak mereka nyusu sambil bermain tos atau pok ame ame dan segala macem hal. mereka ketawa lalu cari puting lagi.

Tengah malem ke bangun juga gitu, kalau nangisnya satu satu aku cukup miring kanan dan kiri. kalau dua duanya nangis barengan. bisa2 tangan kram sampai pagi.

Menyapih kakak
Aku memang belum siap mental menyapihnya untuk saat ini. Aku baru saja sounding kalimat ;

Mamah : "kakak udah 2 tahun. gak nenen lagi yaa!"
Kakak   : "Dede nenen?"
Mamah : "Ya karena dede belum 2 tahun, nanti kalau dede udah 2 tahun segede kakak, dede juga udah ga nenen lagi kok"
Kakak  : "ndaaaak kakak nenen" (sambil meraung nangis)

Aku hanya lagi takut dikira pilih kasih olehnya, semakin hari di sounding malah semakin nempel. Baru sampe rumah udah di todong "Mamah, nenen"

Belum lagi siapin mental untuk tengah malem duo bocil nangis, karena kalau Arsyila ga dikasih susu pasti akan nangis kejer dan si adik ikutan bangun. atuhlah pusing mama! Di kantor bisa ngantuk.

Walau begitu alat perang semacem susu dan dot baru untuk kakak sudah ku belikan. Semoga aku bisa  segera siap melakukannya.

"Tandem nursing adalah pengalaman yang unik, tidak terlupakan dan tidak tergantikan. Bernostalgia sekarang, saya sangat bersyukur sudah memilih untuk tandem nursing." - AIMI


You May Also Like

0 comments