Build a house

by - Rabu, September 19, 2018


Rasa-rasanya aku butuh sekali liburan. Sekalian babymoon enak kali ya. Pas hamil Arsyila aja jalan-jalan mulu. masa hamil kedua engga!

Netijen : Heh? itu rumah lagi dibangun woy. 

Aha! Sebelum ku cerita-cerita mendingan baca dulu yaa ~


Sejujurnya sebagian besar atau mungkin 85% semua yang biayain mertua. Dari segala bayar tukang, beli bahan bangunan, pasir dsb.

Awalnya mereka mau DP-in rumah buat kami di daerah kranji situ deh. Trus malah kami yang mikir-mikir lagi biaya perbulannya 3jtan. selama 15 tahun atau 20 tahun. doh!

Mau bangun rumah yang lokasinya deket sama terminal pulo gebang. tapi dapat kabar bahwa beberapa tahun kedepan akan di gusur untuk perluasaan. Rumah pun hanya tinggal 5, yang lainnya udah pada pindah. hfft..

Ada juga sih pilihan bangunan kontrakan di belakang rumah mertua, cuman disitu sudah ditempatin sodara deket. kasian kalau mereka harus pindah. Lagian terlalu deket ma mertua, makin ga mandiri aja deh. *eh

Akhirnya keputusan aku dan suami adalah memanfatkaan bangunan yang ada. Pilihan kami di garasi mobil, memang sempat ragu karena depan rumah langsung jalanan lumayan rame buat orang lalu lalang mau ke kawasan pulo gadung. Poin plusnya adalah depan rumah mesjid, ga terlalu deket sama rumah mertua dan bisa buat jualan apa ke gitu depan rumah. hehehe

Bangunan yang  mau dijadikan rumah ini awalnya itu di lantai 1 garasi mobil dan kontrakan 1 pintu. nah lantai 2-nya kontrakan 3 pintu. semua yang ngontrak disuruh pindah. heu. Sebenernya akan lebih luas kalau gak ada garasi mobil, tapi kasian mertua juga *iyalah gatau diri deh* kalau harus nyewa  tempat dan bayar perbulan untuk naro mobil. di tambah kalau mau pergi-pergi pun jadi makin jauh ambil mobilnya kan bikin males. Maklum rumah Jakarta daerah sini gang kecil, sempit dan padat penduduk. jadi kalau punya mobil, mesti nyewa lahan untuk nitip mobil. 

Untuk design bangunan yang sudah dibuat dan srek di aku ma suami, ternyata itu mesti revisi berkali kali. haaaa sampai kami berada dititik. yaudahlah. terserah aja mau gimana juga. namanya di bayarin. ye kaaan? heee..
Percaya aja sama bapak mertua karena emang profesi dia mandor. Bahkan tukang yang ngerjain pun anak buahnya sendiri kok yang memang ahli di bidangnya. Misal masang genteng panggil sih A. plester panggil sih B. Intinya bapak mertua lebih tau segalanya tentang bangunan daripada aku dan suami.

Eh, tapi 15% tetep kita ikut nyumbang kok, kayak beli genteng, keramik, pintu, jendela dan segala isian yang ada didalam rumah. itu nantinya kami yang beli. *yaiyalah*

Bangunannya di renovasi jadi 3 lantai.
Lantai 1 : Garasi Mobil, tangga, dapur, ruang keluarga & kamar mandi
Lantai 2 : Kamar utama, kamar kedua, tangga, ruang tamu & kamar mandi
Lantai 3 : Kamar ketiga, tempat nyuci baju, tempat gosok & jemuran baju.

Walapun tanah seadanya di bangun sedemikian rupa agar bisa menjadi satu rumah.
Aku dan Riyan pun akan dekor rumah semaksimal mungkin supaya terlihat nyaman untuk kami.
Tapi tentu aku sangat berterimakasih sama mertua karena aku tau mereka nyari uangnya itu lebih giat dari kami, berangkat lebih pagi bahkan pulang tengah malam.

Kalaupun aku ga kerja lagi. aku ga akan mikirin utang sampai puluhan tahun. terhindar pula dari riba.
Biaya untuk DP rumah sama renovasi bangunan sangat bisa di press lho.

Mari bersyukuuuur sebanyak-banyaknya..

Walapun tetangga sebelah nyindir gitu "itu orang cuman ngopi sama rokok, bisa kok bangun rumah sendiri. bagus lagi rumahnya"
Maksudnya aku ma suami yang duaduanya kerja kok gabisa bangun rumah sendiri. hahaha
Malah enak banget dibangunin ma orangtua.

Yah, aku mah makannya enak-enak. maunya liburan mulu. jadi susah nabung. *eh*

Selagi ada yang mau bantu buat bangunin rumah, kenapa mesti di tolak. weee! :p

Setidaknya keluarga kami tidak menyusahkan oranglain, tapi menyusahkan orangtua ya?
Gak juga kok, malah mereka yang mau bangunin rumah untuk kami. Katanya ibu mertua mumpung  masih punya usaha dan bapak jg masih kerja jadi ga berasa banget.

Baiklah~


Happy Reading


Love, Tari

You May Also Like

0 comments