Menikah beda kasta dan urusan mertua - Part 2

by - Kamis, Juni 07, 2018


Masih lanjutan cerita dari : Menikah beda kasta dan urusan mertua - Part 1


Kalau kamu sudah baca blog ini dan  ada penggalan kalimat yang berasa banget nyindir aku ; Hehehe


"Belum lagi hidup kalian mau nggak mau pasti akan ditanggung oleh salah satu pihak. Rumah dan seisinya dibeliin mertua, mobil dibeliin mertua, HP dibeliin mertua, dana pendidikan anak ditabungin sama mertua, belanja bulanan dibelanjain mertua, supir dan nanny digaji mertua, uang kalian utuh banget makanya bisa liburan ke mana-mana. Tapi yang terjadi berikutnya biasanya adalah, keputusan rumah tangga kalian juga pasti jadi ada campur tangan mertua."

Bentar-bentar, kalimat di atas ga semua sama persis. hanya saja 90% nya lah. elaaah. bzzt.
Aku dan suami tinggal di rumah kontrakan yang memang di bangun khusus sama mertua untuk kami tempatin setelah menikah. Awal nikah, masih tinggal bareng dirumah mertua. begitu usia kehamilan aku udah 4 bulan, baru deh yang ngontrak sebelumnya disuruh pindah.
Ini free lho ya, kami ga harus bayar kontrakan per/bulan. hanya bayar listrik.
untuk seisi rumah tentunya pakai duit tabungan saya dan suami.

mobil? dari sebelum nikah memang mobil atas nama suami yang beli ya orangtuanya. Suami suruh ngajarin adiknya belajar mobil biar mudik tahun ini bisa gantian, sekalian ngajarin aku juga. di tambah ibu mertua ngomong, kalo tari udah lancar bawa mobilnya nanti ibu beliin mobil yang kecil2 kayak agya atau ayla. soalnya kalo ibu yg bawa atau belajar matanya udah ga awas. tapi tetep suami ga mau ngajarin aku. karena dia tak rela istrinya jalan2 shopping naik mobil. pfft. padahal tujuan ibu mertua, biar ku bisa nemenin dan nganterin dia shopping karena anaknya laki2 pasti pada males. hehe. kalau sesama perempuan kan happy2 aja shopping.

Hp saya ada 2, satu dibeliin suami & satunya inventaris dari kantor!

Belanja bulanan, kalau kebetulan belanjanya lagi barengan. suka nebeng aja sama mertua. ahahaha. sungguh mantu kurang ajar. tapi ini jarang bangeeeet lah. Soalnya kalo aku paling cuman abis ratusan ribu. lah mertua sekali belanja bisa 10x lipat dari aku.

Nanny di gaji mertua. jadi gini dari awal aku sih bilang ke suami. Arsyila yg jagain ibuku aja. biar gausa bayar2 nanny, sama di rawat orangtua lebih menjamin dan tenang. tapi suami gamau tinggal dirumah orangtuaku dan mertua yang kadang sibuk dengan usaha dan kegiatannya. ga memungkinan full time jagain Arsyila. jadilah sodara dari kampung dikirim ke Jakarta untuk ngurus Arsyila. tapi sebelumnya ku udah wanti2 kalau harus bayar, mendingan tinggal di Bekasi. titik! akhirnya ini jadi urusan mertua juga.

Yapss, ini salah satu alasan, kami bisa liburan melulu karena uang gajian kami lumayan utuuuuh!

Tapi yang terjadi berikutnya biasanya adalah keputusan rumah tangga kalian juga pasti jadi ada campur tangan mertua.


Temen-temen saya yang mertuanya lebih kaya pasti ikut campur. Karena mereka menganggap dengan ngasih uang dan ikut campur sebagai bentuk sayang. Ikut campur nggak selamanya salah, tapi sekalinya salah (masa manusia nggak pernah salah?) gimana mau ngeluh atau komplain sih orang selama ini hidup kalian dicukupi kan?


Beberapa mungkin iya dan selebihnya tidak.

Salah satunya, saya mulai ingin punya rumah sendiri bukan hanya kontrakan lagi. kemarin kontrakan sebelah kosong. sempat mau di bobok agar lebih luas. tapi aku gak mau karena pasti hanya sebentar. toh rasanya suatu hari kami akan pindah juga dari sini.

Waktu itu pertama kalinya saya dan suami nyari rumah, kemudian survey bareng dan mereka tidak setuju.

Lalu mereka ngasih pilihan, bangun rumah di tanah yang ini aja atau mau di bangunin rumah di sini atau tempat garasi mobil. ini suami gamau karena nanti ngambil mobilnya makin jauh. udah gitu depan pintu langsung jalanan ramai banyak motor pada lewat. dll yang mereka ngasih banyak pilihan. karena punya tanah disana sini dan sono.

Btw suami hanya dua bersaudara adiknya juga laki-laki saking pengennya anak perempuan mertua saya sampai ngangkat anak tetangga yang ibunya sudah meninggal. jadi anak perempuan ini, di biayain sekolah dan tinggal dirumah mertua. Tapi sering banget bikin saya kesal. Anak perempuan ini cantik, matanya sipit dan putih. pada bilang Arsyila mirip dia. hahaha. efek saya marah2 mulu kali ya ke ni anak. Piiss


Begitu saya hamil, ibu mertua pernah bilang. kalau anakmu perempuan. urusan emas, baju pokoknya semua ibu aja yg beliin. terus ku jawab kalau laki-laki ga di beliin dong?

Ibu mertua jawab : ya di beliin juga sih. hehe


Ketika Arsyila lahir, kasih sayang utinya tak terhingga~ karena kesampaian punya cucu perempuan jadi kami tidak boleh tinggal jauh dari mereka. 

Apalagi kalau ibu mertua ke Tanah Abang. Niatnya sih emang beneran nitip buat Arsyila tapi yang berujung tidak usah di bayar. Hehehe. lagi lagi saya sebagai mamah bisa hemat. 


Cuman kalau mau beliin sesuatu untuk Arsyila kadang sih nanya dulu ke saya, karena selera kami berbeda dan mertua saya menyadarinya.

Saya pun bukan yang iya iya aja, kadang ada hal yang ga suka. langsung aja protes. walapun lebih sering protes ke suami sih. terus dia nyampein ke orangtuanya. hahaha.

Di tambah suami saya itu rada keras kepala. kalo maunya A ya harus A. untuk sifatnya yg satu ini orangtuanya udah paham dan ngerti banget jadi mereka ngalah. *yaiyalah anaknya*



Thanks For Reading!


Love, Tari

You May Also Like

0 comments