Birth Story : Arfabian

by - Jumat, Maret 15, 2019


 Kamis, 24 Januari 2019  
       Pukul  04:30 WIB      

Lagi enak enak tidur, tiba-tiba ngerasa ada yang rembes dan basah. Sempet mikir "Apa iya aku ngompol? Eh, tapi kok ini gabisa di tahan!!"
Refleks bangunin suami dan aku juga langsung ke kamar mandi. Omaigat di kamar mandi malah makin banyak keluarnya. pfft.
Ibu mertua langsung telepon ke bidan tempat aku ngelahirin Arsyila. Disuruh langsung dateng aja kesana. Bhaiqlah~

Setelah rembesnya udah ga terlalu banyak, aku ganti baju dan pakai pembalut biar ga terlalu basah banget. Terus berangkat deh ke bidan. Sampai di bidan langsung cek dalam, ternyata kepala bayi masih jauh kehalang sama air ketuban. Ya emang aku belum ngerasain mules sih. cuman air ketuban rembes melulu. Langsung di pasang infus dan masih harus di observasi sampai jam 12 siang.

FLASHBACK
 Rabu, 23 Januari 2019  

Nah, padahal malemnya akutu habis checkup hamil dan USG.
Kata dokter : "Air ketubannya banyak bgt, bagus! Kayaknya perut kamu gede karena air ketuban nih. Kepala bayi juga udah mulai masuk panggul kok. Kalau bisa lahiran minggu-minggu ini aja. Takut bayinya juga kegedean. Kalau minggu depan belum lahiran, balik lagi dan cek darah."
Suami nyeletuk : "Yauda, air ketubannya pecah sekarang aja!"
Aku pun refleks: "Husssh, kalo ngomong!"
***

Kembali ke laptop~

Gara-gara omongannya semalem itu, lagi dalam masa observasi di bidan aku jadi ngedumel aja tuh ke Mas Riyan. Gegara omongannya yang sembarangan dan bener kejadian. Huufff..

Tiap jam di cek, pembukaan ndak naik-naik. di tambah aku emang lagi nahan pipis. soalnya aku takut kalau pipis yang keluar malah air ketuban semua. huhuhu. Ternyata nahan pipis atau pup itu malah bikin menghambat pembukaan. Jadi ga boleh di tahan-tahan. oke. noted!

Sekitar jam 11an bidannya nyaranin dirujuk aja ke rumah sakit. Yasudahlah~
otw rumah sakit tuh. mana perut lagi ngerasain kadang mules kadang engga. eh abangnya salah jalan. Ntaaaps lah.

Nyampe rumah sakit, masuk IGD. di cek udah pembukaan 3. Gak lamaan di IGD masuklah pasien abis gantung diri, tapi gak bisa di selamatin. Itu hebohnya luar biasa. teriak-teriakan, caci maki pun ada disitu. Yasalaam, lagi ngerasain mules denger begitu makin mules aja deh. Ibu mertua ma suami jadi bawel ke perawatnya agar aku bisa segera pindah dari IGD.

Alhamdulillah, pindah juga ke kamar bersalin. di cek dalam udah pembukaan 4. Tiap di cek dalem aku tuh ngerasa sakit bgt deh~

Suami iseng foto di saat aku lagi rekam jantung bayi.
Tiap sejam sekali ada perawat dateng. Nah karena keseringan cek dalem, aku jadi parno dan menolak dicek pembukaan. Hhh. Yah abisnya sakit banget tiap di cek dalem. huhu
Ternyata perawatnya cuman mau ngasih obat sama suntik. gara gara menolak aku jadi dapet wejangan. intinya sih emang prosedurnya mesti cek dalem biar tau udah pembukaan berapa. hffth~
Selama proses mules aku lebih sering ngajak ngobrol si bayi supaya pinter nyari jalannya dan bisa lahiran normal. Dari awal di rujuk ke RS, aku udah takut banget kalo harus di SC.

Tiba-tiba mulesnya makin menjadi tuh, entah kenapa mules kali ini aku gabisa nahan rasa sakitnya. tiap kali mulesnya dateng jadi melampiaskan mukul suami, narik bajunya dia. Ternyata bener lho, kalau anak laki-laki itu mulesnya depan belakang sakit semua. Soalnya anak perempuan ya mulesnya kayak mau mens aja jadi ku masih bisa nahan dan kalem.

Gak lama bidan dateng, ngasih surat persetujuan buat induksi. Saat itu cuman ada suami yang nemenin. Ibuku sama ibu mertua lagi pulang kerumah. Suami udah selesai tanda tangan, terus aku disuruh tanda tangan. tapi saat itu lagi ngerasain mules yang luar biasa. sampe suami nyuruh,  tanda tangan ngasal aja.
bidannya juga nanya ibu setuju gak buat di induksi?
Dalem hati, ya allah ini aja sakit banget ya, gimana di induksi? katanya lebih sakit dari ini.

Aku langsung nyeletuk. Ya setuju aja, tapi nanti dulu ini lagi mules banget. rasanya kok kayak mau pup ya?

Bidannya langsung cek dalem, taunya pembukaan udah lengkap.

Padahal suami baru aja telepon nyuruh ibu segera dateng dan bilang udah pembukaan 5 kali. begitu bidan bilang pembukaan udah lengkap. Kita semua kaget.
Bidan juga ikutan kaget sambil nyeletuk "belum juga di kasih obat induksi"

Alhamdulillah proses persalinanya cepet kok, ngeden 3x langsung deh brojol.
Setidaknya gak selama Arsyila yang proses ngeden sampai sejam. huhu~

Baca : Birth Story Arsyila

Aku memang ga pernah nanya di jait berapa. Cuman tiap dijait ya teriak teriakan deh. Ibu mertua nanya sih, dapet jaitan berapa. Bidannya cuman jawab "Ya pokoknya segitu deh"
Walapun tiap di jait bidannya bilangnya dikit lagi selesai kok ini.
Aku berasa kek anak kecil yang di boongin. sampai ku ngedumel "daritadi bilangnya dikit lagi dikit lagi tapi ga selesai selesai. hisssh"

Maap ya bu bidan, udah aku marahin tapi makasih banyak udah bantuin aku biar bisa lahiran normal.

***
Alhamdulillah, sekarang sudah punya anak sepasang! Bersyukur sekali~

Thanks For Reading!

Love, Tari

You May Also Like

0 comments