Kulineran di Bali

by - Jumat, Januari 18, 2019



Setelah posting berburu oleh oleh Pia Bali & Pie Susu. Kemudian Tempat belanja di Bali
Lanjut review tempat penginapan di Deva Bali Apartment dan Villa Ole Ubud. Sebenernya masih ada satu lagi tempat penginapan yang belum sempat ku tulis review-nya. Hhh..

Nah, Mumpung senggang dan belum cuti melahirkan. Aku mau berbagi cerita tempat makan yang ku datangi selama di Bali ~
Hari pertama sampai di Bali itu sekitar jam 18.30 WITA, Beruntung karena punya sodara yang tinggal di Bali. jadi mereka jemput kami di Bandara Ngurah Rai. Berhubung koper banyak dan orangnya juga banyak jadi satu mobil ga muat. Terpaksa temannya Mas Riyan naik taksi lalu kami janjian di Nasi Pedas Ibu Andika.

 Nasi Pedas Ibu Andika 
Ini letaknya sebrang joger kuta berhubung nyampenya sudah malam, ya sekedar dinner aja. Temanya kayak warteg. Di depan sudah terpampang banyak sekali makanan yang bisa kamu pilih sesuai selera. Ciri khasnya ya sambelnya mereka sih pedes banget. Pelayannya langsung selipin harga berbentuk kartu warna kuning gitu di tempat nasinya. Jadi kalau mau bayar ke kasir, jangan lupa ambilin kartu di tiap tempat nasinya. Nah, kalau minumannya begitu dateng langsung bayar.

Sepertinya ini buka 24 Jam deh. Soalnya rame terus. Makin malem makin rame. Minusnya makan disini tuh, ya ampun. gerah banget. Makanannya pedes, kipas anginnya dikit tapi orangnya banyak. ga kuaaaat! Arsyila yang ga ikut makan aja, rambutnya basah kuyup kayak abis keramas. Hhh..

Menurut ku sih harganya lumayan mahal. tapi rasanya enaaak kok. Nah yang tidak biasa makan pedes. baik baik besoknya mules mules. hohoho

 Warung Nasi Ayam Bu Oki 
Tempatnya masuk gang gitu, keliatan dari luar pun seperti warung sederhana dan tidak meyakinkan. hehe. tapi aseli rame bangeet lho yang makan disini. Minus parkiran mobilnya lumayan jauh! Mereka menyediakan 2 pilihan paket; pedas dan tidak pedas. Kami memesan 5 porsi pedas dan 1 tidak pedas. Menu yang pedas; Nasi, Potongan ayam betutu, Ayam suwir, Ayam goreng, sate lilit ayam, setengah telur rebus, kacang, urap dan sambal. kalau yang paketan tidak pedas hanya ; Nasi, ayam goreng, sate lilit ayam, kacang dan setengah telur rebus.

Ternyata di meja sebelah ada mangkok besar yang isinya cuman kuah. Kayaknya ini kuah pedas betutu. Sungguhlah, kuahnya ini bikin nikmat dan nagih banget sih. Aku baru ngeh ada kuah, begitu nasinya tinggal setengah ~  Harganya 25K/Porsi

 Ayam Betutu Khas Gilimanuk 
Kalau ke Bali sangat wajib sih kesini. Eitsss tapi jangan sampai salah tempat ya, karena beda tempat beda juga rasanya. Banyak sekali cabang ayam betutu khas gilimanuk ini. Kita pernah sekali datengin di cabangnya. cuman rasanya beda. mengecewakan. padahal lambang dan namanya sama. auk lah.

Tiap kali kesini, aku sama suami pesannya betutu kuah yang 1 ekor, sudah termasuk sayur plecing, kacang tanah & sambal matah. Yaps, satu ekor untuk berdua ditambah Sate lilit ayam 10 tusuk. hahaha Sate lilit ayamnya gede-gede terus rasanya pun enak. beda sama yang lain.

Ayam betutu 1 Ekor        : 85K
Sate Lilit Ayam 1 Tusuk  : 3K
Nasi Putih                        : 6K

 Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku - Ubud 
Lagi di daerah ubud? baiknya mampir kesini aja. Rada susah nyari tempat makan di daerah Ubud.  Menunya hampir sama sih kayak Nasi ayam bu oki. tapi buatku, ya biasa aja. ga ada yang spesial. Justru yang spesial disini banyak jajanan pasar dan aku cuman ngincer klepon. Hehehe. Beli klepon yang banyak. *nyam nyam* Ada icc cream gelato juga.

 Warung Be Sanur 
Awalnya kita mau makan di Mak Beng karena terkenal. Tapi dapet rekomendasi dari Kakak sepupu. Lebih enak warung be sanur. Yasudah, akhirnya kita ke be sanur. Lebih percaya sama sodara ketimbang kata google. hahaha. Tapi kalau ada kesempatan bisa pergi ke Bali lagi, mungkin tujuan selanjutnya Mak Beng, biar ada perbandingan buat di review. Menunya cuman ada 2 macem Ikan goreng dan Sup ikan. Kami memesan paketan; Nasi, Sup Ikan & Ikan Goreng. 35K/Paket
Awalnya minta sambel untuk Supnya, tapi gak ada. yauda pake sambal yang tersedia di ikan gorengnya aja deh.
Eh, lama2 kuah supnya berasa pedes juga lho. Enak, Gurih, Seger. Porsi ikan gorengnya lumayan besar bisa buat makan berdua Arsyila.

 Intan Sari Cafe - Jimbaran 
Begitu sampai Jimbaran, masih terik sekali. Kami hanya duduk duduk lalu memesan minuman.
Nunggu sampai sore agar bangku dan meja di rapikan sampai ke pinggiran pantai. Begitu sudah sore dan adem, kami memesan makanan. Ikan Bakar 2, Cumi, Udang, Kerang dll..
Lumayan mesen banyak dan habis sekitar 350K untuk makan 6 orang.

 Warung Cantik - Tanah Lot 
Pas honeymoon pulang dari tanah lot, kita pernah makan seafood yang enak. tempatnya juga enak. Begitu kemarin di cari-cari kok ya gak ada. padahal jaraknya ga terlalu jauh dari tanah lot. Searcing google. nemu nomer teleponnya. Kita telepon lah, ternyata mereka sudah tutup. Haaa~
Yauda, ngelewatin warung cantik ini. mampir lah~

Mesennya hampir sama kayak di intan sari cafe. Ikan Bakar, Ayam Bakar, Kerang Dara Dll lupa aku tuh. Yang jelas bumbu kerang daranya juara. Enak bangeeeet.


 Nasi Gandul 
Nah, pas main kerumah kakak sepupu yang di Bali. Kita ngajak dinner. mereka yang milih tempat. Katanya makan nasi gandul aja. Jaraknya ga terlalu jauh dari rumah mereka. Terdengar asing untuk temannya suami. Suami sih familiar gitu. Terus aku nanya, nasi gandul tuh kayak yang waktu itu kamu order lewat grab-food kan ya?
Akhirnya Mas Riyan inget. Oh iya. pantesan aku ngerasa kayak pernah makan dimana gitu. Heu~

Jadi ini cuman nasi dan kuah santan isi daging sapi. udah sih gitu aja~ Tapi rasa kuahnya udah pedas karena pakai santan gurih deh. Tempatnya kaki lima, di tiap meja udah tersedia aneka sate macem angkringan, tempe bacem, tahu bacem dan kerupuk. Nasi gandulnya lumayan lama karena emang lagi rame banget, padahal kita datang udah jam 9 malem. akhirnya keburu kenyang karena nyemilin sate-sate dan tempe. heeee~

Ada juga menu pisang bakar dan roti bakar. Aku order pisang bakar coklat keju sebagai dessert.

Untuk harga aku gatau karena di traktir kakak sepupu. Padahal niatnya kita yang mau gantian traktir. karena pas di nasi pedas ibu andika udha di bayarin ma merka. Hhh~

 Bebek Bengil - Ubud 
Makan disini pas honeymoon tahun 2017. Kalau tahun 2018 sih ga mampir. Menurut ku pun cukup sekali aja makan disini. Tempatnya sih bagus banget. Tapi harganya mahal, mahal banget malahan. Hehehe. Aku sih lebih milih bebek kaleyo ajalah udah. Bahkan kakak sepupu yang di bali juga doyan banget sama bebek kaleyo. Pas tau kita mampir kesana, comment mereka enak-kan juga bebek kaleyo dek.

Okesip. Lidah dan selera kita sama! 



Thanks For Reading!
Happy Eating



Love, Tari

You May Also Like

0 comments