Road Trip: Ujung Genteng -Part 1-

by - Jumat, Mei 08, 2015

Holiday is coming...


Rencana
Rencana untuk liburan kali ini benar-benar tidak ingin aku bayangkan. biar semesta saja yg mengatur semuanya.
Aku hanya di ajak oleh pacar untuk pergi ke sawarna bersama dengan sahabat-sahabatnya, tapi aku menolak. entah kenapa sawarna telah aku coret dari daftar list perjalanan yg ingin aku datangi. dulu memang aku ingin sekali kesana, tapi setelah liat postingan foto beberapa teman di medsos. rasanya sudah tidak menarik lagi.
aku request untuk pergi ke Ujung Genteng yang akhirnya di acc. yeaaay.
Ya kan si bos mana mau pergi kalau sekertaris-nya ndak ikut!

Pilihan Rute Perjalanan
Rute I [Berangkat] : Jakarta – Ciawi – Cicurug Cibadak Pelabuhan Ratu – Cikembar – Jampang Kulon – Surade Ujung Genteng.

Rute II [Pulang]     : Ujung Genteng – Surade – Jampang Kulon – Jampang Tengah – Sukabumi – Cikembar – Cicurug – Ciawi – Jakarta.

Keberangkatan
Aku di jemput sekitar jam 9. sudah siang ya? maklum aja Bekasi kan beda planet. jalanan lumayan ramai lancar, hingga kita ketemu di tol keluar puncak mulai padat.
Apalagi yg bisa di lakukan kala macet? selain wefie.. maafkan mata kantuk ku yg harus tetap terjaga nemenin pacar nyetir...
Ambil jalur menuju ciawi lebih padat merayap sampai mobil belakang nabrak bemper mobilnya riyan. tapi malah yg bersalah turun dan ngomel-ngomel. lah salah situ ~ ngapain terlalu dempet! udah tau macet!

Istirahat [1]
Perjalanan kita terhenti karena ada panggilan Allah dan panggilan perut, {re: solat jumat dan makan siang}. yaps, setiap kali anak kesayangannya mau pergi jalan-jalan selalu dibawain bekal oleh nyokapnya [nasi, ayam goreng, mie goreng dan sambel]. oke, calon mertua idaman banget kan yak? hoho. Setelah aku selesai makan dan solat dzuhur maka melanjutkan perjalanan yg ternyata udah macet-lagi.
disini Riyan udah kayak bapa-bapa yg lagi nyuruh anaknya tidur siang. iya, dia nyuruh udin tidur muluk. terkadang nyuruh aku tidur, tapi kan tetep aja ga tega. (12 jam perjalanan dia doang yg nyetir. makanya ajarin aku dongs biar bisa gantian atau ajarin mpi tuh.)

Hingga ngelewatin pasar Cicurug jalanan mulai lenggang dikit tapi nyampe di daerah parung kuda mulai macet dan bikin bete. tiba-tiba ada mobil nyalip dan nyenggol spion. itu Riyan langsung klakson kenceng banget. ini tuh jalanan macet dan berkelok-kelok segala nyalip dengan ngebut. Zzz!!

kalau di jalur macet, aku rada rewel soal pacar suruh nyalip. hehe
"kiri kosong kok, ambil kiri aja. tuh di depan ada mobil juga. belakang kosong kok."
uki sm mpi yg duduk paling belakang heboh "bagus tar, kompor-komporin aja terus."
fungsinya duduk di depan kan gitu. berasa jadi kenek!!

Kita hanya mengandalkan waze yang ada di henponnya mpi. di waze suruh belok kanan dan kita mengikutinya.
jalanan ini pun sangat sepi, sempet gak yakin sih kalo lewat sini. tapi kita coba mempercayai waze.

Disini petualangan berasa baru di mulai. sepertinya kita sudah memasuki perbukitaan. jalanannya semakin berkelok-kelok menyempit dan kiri jurang, kanan tebing. serta sih pacar yg bawa mobilnya bikin Udin ngomong : "Aduh, gue kalo di ajak pergi lagi. mikir-mikir dulu deh"
seisi mobil pun tertawa mendengar pernyataan orang yg baru pertama kali ikut pergi bareng kami. ha-ha-ha

justru jalanan begini yg bikin sih supir dan penumpangnya jadi engga ngantuk. etapi lama-lama bener lho, makin kesini sih pacar bawa mobilnya lumayan bikin jantung aku mau copot.  hingga tissu yg ada di depan aku bolak-balik sendiri ke arah aku dan riyan, daripada tuh tissu loncat keluar mendingan aku taro bangku. aku yg pake seat belt asal nempel doang, jadi pasang dengan sebenar-benarnya.
sesudah tanjakan juga ga keliatan itu jalanan lurus ataukah turunan.
aku juga rewel kala dia ngebut "pelan-pelan aja sayang bawa mobilnya"
Bisa ngomong gini karena di depan ada belokkan dan jurang udah gitu abis ngliat mobil ringsek penuh darah. makin parno lah! aku rasa wahana dufan juga kalah nyereminnya.

Tidak lama kemudian, di depan ada banyak jejeran mobil yg terhambat karena paling depan jalannya selow. otomatis kami pun jadi pelan. aaah, akhirnya bisa bernafas dengan lega juga. bisa ngumpulin nyawa tjoy!
lama-kelamaan bete juga permisah! di bawah alam sadar aku nyeletuk "yahelah, mobil yang paling depan lama nih bawanya"
Riyan nyaut "nah iya bener tuh, lama banget"
Tari gegayaan, di ajak ngebut lagi juga palingan dzikir. hehehe
mau nyalip gmn cobak? di depan ada 4 mobil, jalanan berkelok, cukup rusak dan beruntungnya mobil paling depan belok pulang kerumah *ya kalo itu rumahnya. sok tau banget sih Tari*

Mobil kedua bawanya cukup ngebut, jadi kita seolah-olah sedang balapan. *yippi*
hmm, mobil ketiga melipir ke rumah makan dan anggapan konyol kita adalah dia menyerah. lalu siapa lagi yg akan menyerah?
Riyan bawa mobilnya lumayan ngebut-lagi, ternyata di depan ada turunan. di situ dia ngerem dan terdengar suara asing. entah itu dari mobil kita atau mobil yg tadi berpapasan.
begitu ketemu belokan dengan turunan yg sangat curam, suara 'nggiiiiiik' tadi tedengar makin jelas dan bau gosong pun sangat terhirup *untung kacanya dalam keadaan terbuka*.

Akhirnya kami melipir sejenak untuk ngecek, benar saja. sih mobil kepanasan. hanya berhenti 5 menit sama mpi di suruh bawanya kalem aja, gausah ngebut-ngebut lagi.
setiap ada mobil yg mau nyalip di kasih lewat sama doi sambil ngoceh "gih, monggo... gue udah pernah ngebut tadi. jadi udah bosen"
itu hanya berlangsung sementara ketika memasuki pemukiman warga dan jalanan hanya lurus doang. Riyan ngebut lagi. auuk ahh!
Istirahat [2]
Sepertinya kita sudah sampe jampang kulon, waktu ashar sudah mau habis. selesai solat nanya sama warga setempat, Aa-nya bilang masih 3 jam-an lagi nanti dari perkebunan teh terus ketemu pos polisi, gajauh dari sanah ada pertigaan terus belok kanan. Aa-nya juga menyarankan untuk jalan sekarang agar sampai di perkebunan teh tidak terlalu malam karena sepanjang jalan gak ada lampu penerangan takut berbahaya. tanpa pikir panjang kita langsung cus..
niatnya mau istirahat sampe magrib disini.

perkiraan jam 6 sudah sampe di Ujung Genteng dan bisa ngliat pelepasan tukik atau minimal mengejar sunset. tapi ternyata semesta tidak mendukung.
Perjalanannya jauh dan melelahkan, adek lelah mas !! Hhh..
jalanan sangat sepi. cuman ada satu motor di depan kita. sampe aku spontan ngomong "tuh orang gak takut apa ya? sendirian lewat jalan sepi kayak gini."
(mulai memasuki daerah kiri tebing dan kanan jurang lagi. huaaaa...!)

Hari sudah semakin gelap, perkebunan teh sepertinya masih sangat jauh. tiba-tiba gerimis. riyan yg hendak menyemprotkan air, ndak bisa dengan pikiran. mungkin lupa di isi.
akhirnya melipir sebentar. untuk ngisi air, pas di cek masih penuh.
begitu mau nyoba nyalain wiper depan dan belakang tidak bergerak juga.
akhirnya di cek sama mpi dan uki karena hujan sudah mulai deras dan hanya mengandalkan lampu senter dari henpon alhasil gabisa ngcek dengan maksimal.

Kami pun memutuskan untuk jalan pelan-pelan. sekiranya kaca udah tertutup air hujan ya di elap pake tissu. aku jadi standby megangin tissu. kanebo juga gak ada di mobil.
udin yg duduk di tengah dan pas di belakang riyan sebagai alarm jika ada lubang. dia suka ngasih tau dengan heboh. ya walapun telat bilanginnya. hohoho
soalnya lubang juga udah ga keliatan tertutup kubangan air, yang paling belakang udah teriak-teriak karena sih supir ada lubang juga di hajar aja. wkwk
aku akhirnya ikut"an ngelap kaca untuk bisa ngliat jika ada lubang. 
Enak itu, pas ujan gini, di mobil kacanya dibuka sedikit, lalu ujannya nyiprat ke muka. Adem.

Di setiap perjalan selalu ada cerita suka dan duka. percaya saja bahwa Tuhan telah membuat rencana untuk kita.
"Bukan kah di setiap perjalanan harus ada cerita yang berkesan agar perjalanan terasa lebih menyenangkan?" Copyright@Tari
Sudah melewati pos polisi dan berada di daerah pemukiman warga. ah, bahagianya melihat tanda-tanda kehidupan. hujan pun sudah berhenti, Riyan meminggirkan mobilnya sebentar untuk ngelapin kaca.  aku pun ikut turun, bantuin dia. oops, ternyata aku malah turun tepat di tanah merah.
udah pacar resek amat, aku gak boleh naik ke mobil karena sendal tanah merah semua. akhirnya di situ aku ribet sendiri, naik mobil tanpa bikin kotor, tiba-tiba henpon jatuh dari mobil. syediiih.
setelah berhasil naik ke mobil, henpon aku langsung di bersihiin sm Riyan. muaaaach!
yaudah sih, kalo gak ribet bukan tari namanya.....! 

hujan membuat perut kami laper. uki minta makan bakso dan arip nyari gorengan.
Istirahat [3]
Persediaan cemilan di mobil sudah habis, begitu ngliat ada mini market langsung pada turun semua kecuali aku. ya secara sendal nya aja di dalem plastik kan. ada sepatu sih, cuman emang lagi ga pengen turun aja. sebenernya di sebelah mini market ada kang bakso tapi tutup.
perut udah laper banget, sampe aku ngomong "kalau ada nasi goreng kek apa kek, berhenti aja lah"

Tetiba pacar ngrem mendadak yg aku pikir dia nabrak kucing.
engga taunya dia ngliat tempat makan bakso yg cukup besar dan ramai. langsung puter balik. haha, kalo makanan aja deh. niat banget puter baliknya.
selalu inget pesan [nanya harganya dulu sebelum makan].
Riyan : "Teh, seporsinya berapa?"
Teteh : "10rb A, tenang atuh Aa gak di cekek kok harga'a"
Riyan : "hahaha, nanya doang teh"
Ya namanya juga wanti-wanti, gak ada salahnya kan kalo nanya? hehe.

Etapi baksonya pake sambel ijo gitu atau emang bakso di daerah surade begini kali ya rasanya?
selesai makan dan membayar 70rban untuk makan ber-6, kami pun nanya kira-kira sampe ujung genteng berapa lama lagi? paling setengah jam lagi.
kyaaaa~ badan rasanya udah mau rebahan lho ini.

Uki aja sampe ngomong "gue kalo di ajak kesini lagi ogah ahh. bilang aja udah pernah dan deket banget kok. padahal mah aslinya jauuuh beuuud"

Taraaaaa,,,, sampe juga di depan pos Ujung Genteng. kita akan di berhentiin dan diminta uang sebesar 27.000 ini udah termasuk mobil, penumpang beserta barang bawaan.
Tiket Masuk Ujung Genteng
Dari gerbang itu lurus, sampe mentok terus belok kanan, kejutannya adalah JALANAN RUSAK PARAH! jalanan pasir, bebatuan dan lubang dimana-mana. terdengar desiran ombak sih cuman pantainya gak keliatan. oh rupanya ini sudah jam setengah 10 malem!
sudah terlihat beberapa orang serta berjejeran tempat karokean plus cewe-cewe baju sexy lho~ 

Disini sih yg juara sinyal X* tapi henpon nya lowbet. sekalinya ndak lowbet ya ndak ada sinyal.
uki disuruh telepon sinyal-nya ilang-ilangan. aku iseng ngcek henpon kecil ternyata ax*s juga dapet sinyal.
emang harus punya ponsel cadangan yg fungsinya untuk telepon dan smsan doang serta batrei yg awetnya sampe semingguan. ini sih prinsip aku.
Penginapan
sepanjang jalan kita di suguhkan oleh pemandangan kiri pantai dan kanan penginapan.
kita ngelewatin beberapa pondok, seperti pondok Adi 660rb/malam, Pondok Hexa 700rb/malam dll.
sebelum kesini kami memang mencari review" dari mbah google dan wajar saja kalau pondok Hexa mahal dia cukup luas kok, view depannya pun langsung pantai. 

Riyan sudah ngebooking penginapan dan telepon minta jemput di depan pondok hexa, semua pada turun untuk melihat pantai. aku tetap di mobil. entah lah, pantai di malam hari terasa begitu menyeramkan untukku. yah aku tidak menyukai kegelapan.

Tidak lama mereka menikmati angin pantai di malam hari, Aa pemilik rumahnya dateng.
kami mengikuti dia dari belakang.
kedalemnya lagi masih sekitar 15 menitan. yaelaaaah !!
ini udah sampe ujung mesti nyari ujungnya lagi dong?? 

Menurut aku tempat yg recommended adalah pondok alief, riyan sempat telepon kesana. satu rumah (2 kamar, dapur, ruang tamu, kamar mandi, non ac)  350rb/malam dan yg AC 500rb/malam.
seminggu kemudian di telepon untuk booking ternyata udah full boxing! eh full booking maksudnya. padahal aku udah mau banget disana. ini sampe ngambek lho sama pacar. begitu ngliat aslinya pun, aku rasa kalo kesini lagi sudah pasti maunya nginep di pondok alief!

Pondok Feby punya 4 rumah dan sisa 2 rumah, harganya 300rb/malam.  di depan rumah terdapat ayunan, namun tidak ada dapurnya, jika mau masak ke dapur bisa kerumah si empunya pondok lewat pintu belakang dan tidak menggangu yg punya rumah kok, tapi kan tetep aja gak enak.

Akhirnya di tawarin rumah warga dengan harga 650rb utk 2 malam. setelah berunding, rata-rata pondok itu kan terbuat dari anyaman bambu. maka kita ngambil yg nyaman, lengkap dan bagus. ya walapun ke pantai mesti jalan sekitar 2 menitan.
Teras
Ruang Tamu

Upsss, sepertinya cerita aku di part 1 hanya tentang perjalanan doang ya?
ya memang kenyataannya seharian ini kami hanya menghabiskan waktu di perjalanan. buat aku, di sepanjang perjalanan pun ada banyak cerita yang ingin aku kenang.
"Karena sebuah perjalanan yang tidak ditempuh, akan selamanya bernama jauh."
Update:
Dalam perjalanan pulang aku memotret beberapa pondok beserta No. Tlp
semoga bermanfaat ~
   
Happy Reading
Happy Holiday
  
 Love, TARI




You May Also Like

0 comments