Birth Story : Arsyila

by - Kamis, Januari 25, 2018



Pagi itu tanggal 9 Oktober 2017, hari pertama saya ngambil cuti. Sesuai yang dimau, cutinya deket banget sama HPL.

Hari pertama Baru sehari dirumah. udah di tanyain sama atasan : hari ini beneran udah mulai cuti? kalau lahirannya masih lama. masuk aja.  padahal HPL saya 13 Oktober 2017. Niatnya sih emang masih pengen masuk kerja, tapi suami udah nyuruh istirahat dirumah.

Hari kedua Mulai bosan dirumah. cuman tidur2an, goler goleran di kasur. kalau pagi, yang nemenin dan ngajakin jalan pagi itu ibu mertua. hahaha. sempet ngrengek ma suami buat masuk kerja. tapi tetep aja ga di bolehin. doh, sepertinya aku ga cocok ini jadi ibu rumah tangga. 

Hari ketiga Biar gak bosen dirumah, cari kesibukaan. Paginya minta surat rujukan ke bidan buat ke lab. Tapi malah di cek dalam sama ibu bidan. yaaah pertama kalinya cek dalam tuh. kata ibu bidan, ini udah pembukaan setengah. ealaah, ada ya pembukaan setengah??
Sudah dapat surat rujukan, cuuus ke puskesmas. kalau di Jakarta puskesmasnya udah  lumayan lengkap versi rumah sakit kecil kali ya. nunggu lama dan ngikutin proses disana. eh, jam 12 labnya udah tutup. jadi gabisa ambil darah hari itu. jadinya besok pagi *ealaah apes amat*

Hari Keempat

Jam 03.00 Mulai deh tuh ngerasain perut kram. oiya, malamnya juga kayak ngeflek. aku sih mikirnya palingan efek tadi pagi di cek dalam sama bidan.


Jam 07.00 Malah makin kram dan sakit gitu. padahal hari ini jadwalnya ke puskesmas buat ke lab. yauda terpaksa ga usah segala cek darah deh. feeling sih bentar lagi udah mau lahiran. yaiyalah, wong HPLnya aja besok. soalnya kalau besok belum mules juga suruh dateng ke bidan. haha.

Suami gajadi berangkat kerja, nganterin aku pergi ke bidan pas di cek udah pembukaan 2. di tanyain, mau disini aja atau pulang dulu. yhaaa mendingan pulang dulu. kalau pulang brrti nanti sore atau abis magrib balik lagi ke bidan tapi udah bawa baju bayi, baju ibu, de el el karena ga boleh pulang lagi.

Kebetulan hari itu ibuku mau main kerumah, padahal udah bilang. kalau nanti mules-mules atau mau lahiran jangan kabarin ibu ya. kabarinnya kalo kamu udah lahiran aja. haduh! taunya pas ibu nyampe rumah, aku lagi mules kontraksi.

Kalau mulesnya ilang, aku malah rebahan tiduran. Nah kalau udah mulai kontraksi lagi, di paksain jalan-jalan. Iya, biar pembukaannya nambah, jadi harus semangat dan mari menikmati prosesnya.


Sejak awal pun saya dan suami suka ngajak ngbrol tentang harapan kami. salah satunya bisa menjalani proses lahiran yang normal dan lancar. Saya juga selalu bilang semoga kamu punya lesung pipi kayak papah. Pembagian hidung jangan sampai ketinggalan. kalau bisa baris paling depan biar hidungnya mancung kayak mamah. Memang tidak banyak harapan mamah, tapi ketiga harapan tersebut di kabulkan sama Allah.

Anak bayiku pintarnya sejak di dalam rahim. muaaaah!

***

Jam 17.00 Sorenya makin sakit dan gak kuat jalan. dia ajakin sih ke bidan tapi aku tolak dan maunya abis magrib aja. akhirnya mau mules, mau engga tetep aja di kasur rebahan. palingan kalo mules nungging tapi gak ngejan kok. eh, suami malah nyetel lagu via valen. trus aku yg lagi rebahan di ajak joget-joget. maksudnya dia sih biar aku  bergerak. huu

***

Jam 18.30 Ba'da magrib berangkat lagi ke bidan karena nyerinya mulai ga ketahan. begitu di cek dalam masih pembukaan 3. haaaa? 12 jam cuman naik 1 pembukaan yang padahal sakitnya udah makin parah. tapi aku berusaha tenang. diem aja daritadi, justru semakin sakit berarti makin bagus karena yg di dalam ga sabar mau ketemu. Akhirnya aku di infus yang katanya buat nambah tenaga. cuman kayaknya itu di kasih obat induksi gitu deh.

Jam 19.30 Rasa pengen mengejan makin kuat, cuman di suruh tahan ga boleh ngejan. ya ampun, itu susah banget nahannya. sampai ngomong sendiri, ga boleh ngeden, ga boleh ngeden. karena orang lahiran itu gak boleh ngejan sampai pembukaan 10. kalau nggak mulut rahim bakalan bengkak dan baby juga gabisa keluar. so, bayangin deh tuh yang dari dalem neken, tapi kita harus tahan sekuat tenaga buat ngga ngeden padahal rasanya mules banget kayak 1000x mau pup. hahaha


Jam 20.00 Di tanyain sama ibu bidan. udah siap mengejan belom? udah! udah ga bisa nahan ini. pas di cek udah pembukaan 10, proses bersalin di mulai. Selama proses persalinan aku di temenin Ibu, Ibu mertua, bule dari suami. suami aku cuman ngumpet di balik gorden dan cuman teriak nyemangatin. yaaah, aku tau kalo Mas Riyan itu ga tega sama kayak ibu. tapi ibu dengan terpaksa nemenin. itupun agak jauhan. Keluar masuk ruangan mulu. dan yg bener2 nemenin disamping malah ibu mertua.


Tiba-tiba rasa mules kayak - mau mau, nggak nggak. Kepalanya udah keliatan tapi mengejan ku hanya bagus di awal, begitu kedua lemah dan ketiganya hilang tuh mulesnya. kalau mulesnya hilang jangan di paksa mengejan ya, karena akan percuma aja. itu bayi ga akan keluar juga. akhirnya berenti lagi. bahkan di tengah persalinan pas aku bilang "ini mau mules lagi" bidan dan perawat udah siap-siap nih. eh belom juga ngejan, mulesnya ilang. kata ibu bidan, ini anak bayi mau lahir aja udah ngajakin becanda mulu. mirip sama kayak bapaknya yang seneng ngajak becanda dan sempet2nya itu ruangan persalinan malah pada becanda sama ketawa.


Btw proses dari mengejan ke lahir itu cukup lama. hampir sejam! Nah saat mengejan yang terakhir aku reflek ngangkat pantat, jadi jahitannya sampai pantat dan luar dalam. aku gak tahu ada berapa jaitan, yg jelas pas bagian pantat di jait ga kena bius. jadi lah aku teriak-teriakan.


Jam 20.59 Finally, Arsyila lahir di Tanggal 12 Oktober 2017, Dengan berat 3,5kg dan panjang 49cm


Saat persalinan harus dihadapi kita pasti nggak bakalan fokus mikir ke rasa sakitnya kok, tapi ke perasaan happy karena sebentar lagi bakalan ketemu sama sosok yang selama 9 bulan selalu ikut sama kita kemana aja dan nendang kuat kuat perut ibunya. Begitu ngeliatin muka anak, juga langsung lupa rasa sakit di jait tadi kayak gimana. udah ganti jadi rasa bahagiaaaa~


Melahirkan adalah awal dari perjuangan menjadi seorang ibu, selanjutnya ada proses menyusui selama 2 tahun yang menanti dan sama beratnya. Mari berjuang!




Thanks you for reading

Love, Tari

You May Also Like

0 comments