RAPEL : Buat Paspor Baru

by - Rabu, Januari 31, 2018


Berencana traveling ke Luar Negeri? maka hal yang pertama harus di urus adalah paspor.

Pembuatan paspor baru tahun 2018 sudah via online silahkan download aplikasinya di play store : Antrian paspor
Kalau sudah di download terus pilih kantor yg di tuju. eh ada notif "kuota telah habis, silahkan pilih kantor imigrasi lainnya"

Buat paspor ini lumayan bikin kesel kalau kamu salah banget milih kantor imigrasi.

Sebaiknya kalian bikin paspor 3 bulan atau 2 bulan sebelum berangkat, karena aku bikin 3 minggu sebelum berangkat. terkesan dadakan ya? ho'oh itu karena kuota full mulu.  padahal udah nyoba buka dari semingguan yg lalu. kzl

Akhirnya karena waktu itu masih awam nyoba dateng langsung ke kantor Imigrasi di Jakarta Timur. eh, di tolak karena udah gabisa offline. mesti daftar online dan harus punya scan barcode~ trus dapet info hari sabtu di buka untuk E-Paspor sebanyak 200 kuota saja.
Kami tidak menyerah, hari sabtu jam setengah 6 pagi sudah dateng ke kantor imigrasi Jak-Tim, tapi orang sudah banyak juga yang antri. wassalaaaam~
Terus ngobrol sama bapak-bapak jadi dapet info kalau antrian online udah di buka lagi.

Mas Riyan langsung buka aplikasi antrian paspor, bener aja di Jakarta Selatan masih ada 260 kuota. tanpa pikir panjang langsung isi data lengkap. Yeaaaay, alhamdulillah akhirnya kami dapet barcode juga. syalalalala~ terus aku ngajakin pulang deh daripada sekarang nunggu antrian gak jelas  dan mesti nunggu selama 2 jam berdiri pula.

Hari Selasa dateng ke kantor Imigrasi di Jakarta Selatan. Ini tempat sangat recommended! *catet ya* Ada ruangan menyusui, bagi yg manula, Anak bayi dan Ibunya dapat nomor prioritas.

Syarat yang harus di bawa :
  • E-KTP Asli & Fotocopy
  • Akte Kelahiran, Buku Nikah, Ijasah Asli & Fotocopy (Cukup pilih salah satu dokumen)
  • Kartu Keluarga Asli & Fotocopy
  • Paspor Lama (Untuk perpanjang paspor)
Syarat untuk pembuatan paspor anak :
  • Akte Kelahiran Asli & Fotocopy
  • KTP Kedua Orangtua
  • Buku Nikah Orangtua
  • Paspor Ayah/Ibu jika ada
Biaya Paspor biasa : 355.000
Biaya E-Paspor         : 655.000

Kelar semua berkas. cuman nunggu bentar nomor antrian aku sudah di panggil dan gak lama kemudian nomor antrian Arsyila tapi Mas Riyan yg ngurusin. sudah jelas2 harus ada akte ya kan?
nah, aktenya Arsyila belom jadi. aku pikir bisa pakai surat keterangan lahir. Taunya gabisa. langsung patah hati lagi dong.

Buru2 cek buat daftar antrian online lagi, kalau mau di Jak-Sel mesti nunggu 2 hari sampai nama di hari ini hilang dulu. atuh kelamaan itu mah. takut kuota full lagi. pas cek ada di Jakarta Utara. yaudalah gapapa. mikirnya lebih deket juga dari rumah.

Hari itu juga langsung cek ke kelurahan lagi, Alhamdulillah aktenya Arsyila udah jadi. Bisa tidur dengan tenang.

Seminggu kemudian, Aku dateng ke kantor Imigrasi Jakarta Utara berdua doang sama Arsyila. Aku menggangapnya, bayi akan dapat prioritas. Taunya??? SALAAAAH BESAR!
kalau sudah daftar online, itu gabisa masuk prioritas. Padahal di kantor Imigrasi Jakarta Selatan juga daftar Online tapi bisa tuh jadi prioritas.
Terus aku dateng jam 9. nah di jadwal pendaftaran online baru bisa ambil nomer antrian jam 11. Udah ngomong sana sini. bener-bener gabisa. sekalipun masuk prioritas itu tetap di seling sama yg online. Malah lebih cepat yang online. alamaaak! aku 2 jam nunggu. gendong anak bayi. gak bawa stroller dan gak ada ruangan menyusui. Dan di situ saya selalu bisikin Arsyila jangan rewel (untungnya ampuh banget).

Perbedaan mengantri paspor di kantor Imigrasi JakSel & JakUt :

Note : untuk manula dan bayi masih bisa daftar offline di kantor imigrasi Jakarta Utara.

Ambil Nomer Antrian :
Jaksel
Tunjukin barcode via henpon sama security langsung scan barcode dan dapet nomer antrian.

Jakut
Nanti disuruh login ke web antrian paspor dan masukin user sama password *ketik sendiri* abis itu  print. Ngambil nomer antrian sesuai jam yg tertera. 15menit sebelumnya harus udah antri duluan karena bakalan antri panjang.

Cek Berkas, Foto & Wawancara :
Jaksel
Cek berkas. geser bangku ke sebelah lanjut foto & wawancara.

Jakut
Cek berkas, terus dikasih nomer antrian lagi buat nunggu foto & wawancara. ini nunggu lagi sekitar 30 orang. bener-bener kelar hidup lo kalo bikin paspor disini!

Pengambilan Paspor:
Jaksel
3 Hari kerja setelah pembayaran (bener-bener Ontime)! Good Job!

Jakut
4 Hari kerja setelah pembayaran, tapi Mas Riyan baru sempet dateng di hari ke 5. katanya belum jadi gara2 mesinnya rusak terus disuruh dateng besok pagi.
Besok paginya aku yang dateng, katanya belom jadi juga. ntar sore aja balik lagi. HAHAHA!
Murka gak nih?
Aku bilang aja, Ini saya mau perginya besok. kalau paspor belum jadi. tiket pesawat saya gimana?
Petugas : Mba mau nunggu aja? mungkin keselip sama yang lainnya.
Aku : Kalo keselip yaa di cari dong mas!! pokoknya saya tungguin hari ini harus jadi!! Mau sampe jam berapa kek. SAYA TUNGGUIN!!

Lagi nunggu dan mungkin kedengeran kali ya aku marah-marah, trus ibu-ibu ngajakin ngobrol. Dia aja bikin dari hari jumat belum jadi juga. Aku bikin hari senin. udah makin panik tuh. sambil berdoa aja dalem hati.

Eh, setengah jam kemudian di panggil. Alhamdulillah!! Kayaknya kudu banget ngomel dulu deh!
Sungguh perjuangan sekali bikinin paspor Anak Bayi.
Demi ngajak kamu Traveling ni naaaaak! karena mama ga bakalan tenang kalau lagi liburan tapi Arsyila ga di ajak.


Besok pertama kalinya nih liburan sama anak Bayi & pergi ke Luar negeri...


Thank you for reading


♥ Love, Tari 

You May Also Like

0 comments