Cash or Credit?

by - Selasa, Juli 30, 2019

Kemarin suami bahas tentang temannya yang punya cicilan rumah dan baru ngambil mobil. dia ngasih tau nominal cicilan rumah sekian, mobil sekian. Berarti gajinya kira-kira berapa itu? Tungitung main tebak-tebakan deh kita. Hahaha

Belum lama juga aku ketemu teman yang cerita punya cicilan rumah hampir seharga gaji aku sebulan. Hampir lho ya.. Sisanya masih bisalah buat aku ongkos ke kantor ma beli makan siang. cuman gabisa jajan bobba drink atau ke mall. Tentu saja menahan diri buat ga shopping. Hiks~ dan itu selama puluhan tahun. 

Oh.. Tidaaaaaaa!
Terus aku jadi inget pernah nonton seorang bapak yang memilih usaha. Awalnya dia kerja jadi TKI di Jepang.

Host : "Bukannya gaji di Jepang tuh gede ya pak?"

Si Bapak: "Bukan seberapa banyak pendapatan yang bisa kita hasilkan, tapi seberapa banyak kita bisa menyimpan uang tersebut."

Aku langsung setuju sama kalimat itu. Walapun gaji aku dan suami cukup tidak sebesar mereka (bentar cukup karena kami mensyukurinya) atau hasil jualan ya Alhamdulillah. Tetap saja aku akan berusaha untuk memanage keuangan. Bukan pengeluarannya yang tambah besar tapi simpanannya Lagian aku kok udah pusing duluan ya mikirin puluhan tahun punya cicilan. Wong punya utang ke temen 50rb aja kepikiran. Heuuuu..

Sejujurnya nih gaes sejak pindah kerumah baru, aku belum punya lemari pakaian. Sebelumnya punya sih lemari pakaian dari kayu jati dan tinggi banget. cuman ga muat masuk ke lantai 2 dan itu berat. tidak bisa bongkar pasang. Jadi terpaksa di Jual aja. buat nambahin beli lemari baru.

Sodara pernah bilang, kenapa ga beli aja sih lemari plastik gitu. kan muraaaah banget ri. Kemudian suami juga menawarkan lemari yang harganya duaratusribuan. Untuk sementara waktu. Bukan masalah murahnya. Aku berfikir nanti setelah di beli terus ga ke pake atau malah sempitin rumah kan jadi males lah ya.

Aku kekeuh ga mau. Biarin aja lah berantakan untuk sementara waktu. Naro baju di atas koper, ada juga yang di dalem tas dll. Sampai waktunya kita mampu beli lemari yang sesuai keinginan tanpa ngutang. Di tambah aku maunya juga lemari yang instagramable. Bukan lemari pakaian yang abal-abal *halaaah*

Iya, aku maunya punya lemari 3 pintu, yang sliding terus full kaca di semua pintu. Bye aja udah. Semoga tabungan kami segera cukup.

Alih alih mau beli lemari akhir bulan Juni, malah gagal gara-gara aku minta baby monitor yang lebih penting. Bukan baby monitor yang dibeli, malah cctv untuk dirumah. apalah suami ku ini.

Mungkin akan sama hal-nya kayak beli rumah. Aku akan lebih milih ngontrak sampai nantinya kami memang mampu beli rumah cash. Second juga tak apa. Asal jangan nyicil yang harganya jadi "Astagfirullah".

Untungnya kami dibuatin rumah ma mertua. Jadi hidup kami tentram dan damai tanpa mikirin caranya punya rumah. Heeeee..

Pusingnya isi perlengkapan rumah aja nih yang rasanya ga kelar-kelar.

Baca : Build a House

Eitss, tapi Mas Riyan punya CC sih. Nggg.. Itu kan sama aja kredit tar. Hhh
Ya asal jangan khilaf aja. Terus bunganya juga gak banyak. Masih it's okay lah~ Ini pun buat cadangan aja kalau ada promo dan urgent. Oh, sama satu lagi kalau mau booking hotel atau yang pembayaran hanya bisa pakai CC juga kan perlu dan bermanfaat. Sejauh ini kami masih bisa menggunakan CC dengan bijak.

So, buat kalian yang punya cicilan. Semangat lah kerjanya.

Aku tak sabar menantikan untuk segera dirumah aja ngurus anak-anak~ Mau buka usaha aja. biar bisa jadi bos. Aamiin~

You May Also Like

0 comments